Zona Berita

Pengakuan Jokowi: PSBB Tidak Dilonggarkan, Baru Rencana!

ZONADAMAI.COM – Presiden Joko Widodo (Jokowi) membuka rapat terbatas dengan topik pembahasan percepatan penanganan pandemi COVID-19 melalui video conference di Istana Merdeka, kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta.

Di depan jajarannya, Jokowi menegaskan bahwa sampai saat ini pemerintah sama sekali belum terpikir untuk melonggarkan kebijakan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) yang sudah diberlakukan di sejumlah daerah.

Dalam video siaran langsung yang diunggah akun Youtube Sekretariat Kepresidenan itu, nada bicara kepala negara saat mengutarakan pernyataan tersebut memang terdengar cukup tinggi dan tidak seperti biasanya.

“Jangan muncul nanti ditangkap masyarakat bahwa pemerintah mulai melonggarkan PSBB. Belum. Jadi belum ada kebijakan pelonggaran PSBB,” tegas Jokowi.

Eks Wali Kota Solo itu tak memungkiri bahwa memang benar ada rencana untuk melonggarkan kebijakan PSBB melalui berbagai skenario. Namun, hal tersebut akan diputuskan saat pemerintah merasa waktunya sudah tepat.

“Yang kita siapkan baru sebatas rencana atau skenario pelonggaran yang akan diputuskan setelah ada timing yang tepat, serta melihat data-data dan fakta-fakta di lapangan biar semuanya jelas, karena kita harus hati-hati. Jangan keliru memutuskan,” katanya.

Jokowi menegaskan bahwa fokus utama pemerintah saat ini bukanlah melonggarkan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) yang sudah diberlakukan di sejumlah daerah. Pemerintah, fokus menegakkan aturan kepada larangan mudik.

“Dalam minggu ini, maupun minggu ke depan, ke depannya lagi, 2 minggu ke depan pemerintah masih fokus kepada larangan mudik dan mengendalikan arus balik,

Hingga kini, RI mencatat ada 17.520 kasus COVID-19 secara kumulatif. Per Senin kemarin ada 12.243 pasien dalam perawatan.

Sebanyak 4.129 pasien sembuh. Sedangkan 1.148 lainnya meninggal dunia.

Categories: Zona Berita

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s