Zona Berita

Jokowi Ingatkan Tetap Jaga Protokol Kesehatan

ZONADAMAI.COM – Presiden Joko Widodo menyatakan, protokol kesehatan tetap harus diberlakukan tidak hanya untuk diri sendiri namun juga untuk umum, termasuk di lapangan.

Kepala Negara menyoroti pasar-pasar yang sudah mulai banyak didatangi pengunjung yang ingin berbelanja untuk kebutuhan menjelang Hari Raya Idul Fitri tiba.

Dalam arahan di Rapat Terbatas mengenai Persiapan Idul Fitri 1441 H dari Istana Merdeka pada Selasa (19/05/20), Presiden memerintahkan bahwa para petugas yang berjaga di lapangan untuk menerapkan disiplin protokol kesehatan, mengingat hal itu menjadi kunci pengendalian penyebarluasan COVID-19.

“Saya melihat pasar-pasar tradisional saat ini mulai ramai karena banyak masyarakat yang belanja dalam rangka persiapan hari raya. Saya ingin ini dipastikan ada pengaturan jarak yang baik, pakai masker, petugas di lapangan betul-betul bertugas untuk mengingatkan mengenai protokol kesehatan secara terus-menerus,” ujar Presiden.

Ia mengingatkan, masyarakat yang disiplin menerapkan protokol kesehatan menjadi jalan terbaik mencegah penyebarluasan COVID-19.

“Kunci keberhasilan dari pengendalian penyebaran COVID-19 ini adalah kedisiplinan kita semua, kedisiplinan untuk mencuci tangan, menjaga jarak yang aman, untuk memakai masker, dan menghindari kerumunan dan keramaian atau konsentrasi massa,” jelas Presiden.

“Saya minta protokol kesehatan betul-betul dipastikan di lapangan, terutama menjelang Idul Fitri dan pada saat nanti Idul Fitri,” pungkasnya.

Sorotan dari Presiden ini menindaklanjuti sejulah pasar yang sudah mulai beroperasi kembali seperti Pasar Tanah Abang Jakarta dan juga Pasar Anyar di Bogor. Kerumunan masyarakat yang berbelanja menjadi cukup memprihatinkan di saat pandemi COVID-19, mengingat masyarakat harus menjaga jarak satu sama lain, tetap menggunakan masker saat di luar rumah, dan sering untuk cuci tangan.(ilm)

Categories: Zona Berita

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s