Zona Berita

Sebar Hoax Covid-19, Pemuda Puncak Jaya Ditangkap

ZONADAMAI.COM – Seorang warga Kampung Usir Distrik Mulia, Kabupaten Puncak Jaya, Papua, berinisial EW alias AG diamankan Satuan Reskrim Polres Puncak Jaya pada Jumat (3/4/2020) sore.

EW diamankan karena diduga menyebarkan berita bohong atau hoax terkait salah satu pasien terjangkit Covid-19 di RSUD Mulia melalui media sosial.

Kapolres Puncak Jaya AKBP Mikael Suradal membenarkan kejadian tersebut. Kapolres mengaku, tersangka menulis di facebook-nya bahwa seorang pria dirawat di RSUD Mulia karena terjangkit Covid-19.

“Tersangka mengapload status di halaman facebook-nya tentang penyebaran virus corona di Kabupaten Puncak Jaya dengan menuliskan bahwa ada seorang masyarakat bernama Defri Telenggen telah terjangkit virus corona dan sedang di rawat di RSUD Mulia,” kata Kapolres Puncak Jaya AKBP Mikael Suradal ketika dikonfirmasi Sabtu (4/4/2020).

Suradal megungkapkan, kabar bohong itu dilakukan pada Senin (30/3/2020) lalu dan baru diketahui oleh tim Reskrim Polres Puncak Jaya melalui patroli siber yang dilakukan oleh Polda Papua.

“Dari situ mereka informasikan kepada kami sehingga melakukan pengecekan ke RSUD Mulia, namun ternyata tidak ada pasien positif Covid-19 yang dirawat di sana,” terangnya.

Pihak RSUD Mulia membantah informasi tersebut. Polisi mengamankan tersangka karena telah menyebarkan berita bohong yang menyebabkan warga setempat panik.

“Dari laporan tim siber, maka kami melakukan pengembangan dengan mengecek ke rumah sakit, namun info itu tidak benar sehingga anggota kami mengamankan tersangka di kediamannya,” ujarnya.

Pelaku dijerat dengan Pasal 28 Undang-undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang Informasi Transaksi Elektronik (ITE) dengan ancaman hukuman kurang lebih enam tahun penjara dan denda Rp 1 milliar.

“Kami mengimbau kepada seluruh masyarakat Kabupaten Puncak Jaya agar bijak dalam bermedia sosial dan tidak mudah percaya dengan informasi yang tidak benar,” pesannya.

Categories: Zona Berita

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s