Zona Berita

Pastika Sebut Bali Bebas Virus Corona

ZONADAMAI.COM – Wabah virus corona benar- benar menjadi momok bagi dunia pariwisata. Bahkan, Bali sebagai daerah yang mengandalkan pariwisata sebagai mata pencaharian utama terus melakukan berbagai upaya untuk menjamim turis asing kalau virus yang bersumber dari Wuhan Cina itu belum sampai ke Bali.

Tak ketinggalan mantan gubernur Bali Made Mangku Pastika yang kini duduk di DPD RI ikut mengkampanyekan kalau Bali bebas dari virus corona.

Menurut Pastika, Bali aman untuk dikunjungi wisatawan asing maupun domestik. Sampai saat ini, kata Pastika,Bali belum ada terindikasi masuknya virus korona.

Hal itu dikatakan mantan Kapolda Bali itu saat menghadiri sarasehan yang digelar bersama stakeholder pariwisata dan pelaku pariwisata di Toya Devasya, Kintamani, Bangli, Jumat (7/2/2020).

“ Kita sudah siap sebelumnya, beberapa isu lainnya yang dahsyat seperti Sars, Flu burung, Bom Bali dan Rabies. Dalam hal ini tidak ada keluhan tentang pelayanan pemerintah maupun stakeholder Parwisata Bali selama ini,” jelas Pastika.

Dalam hal ini, pemerintah dan stakeholder terkait sangat siap terkait akomodasi, memberikan fasilitas dan pelayanan, jika seandainya Bali terpapar virus ini, disamping juga beberapa Rumah Sakit sudah menyiapkan ruang isolasi serta membuat Media Center.

Selain itu pertemuan-pertemuan juga sudah getol dilaksanakan, untuk mencari solusi, upaya, dan tindakan yang harus dilakukan, maka semua sudah siap menerima wisatawan dari manapun baik domestik maupun manca negara.

“ Kami himbau jangan khawatir datang ke Bali, Bali aman, Kintamani aman, Toya Devasya aman,” katanya didampingi isteri Konsulat Jenderal (Konjen) Republik Rakyat Tiongkok Sun Lihua.

Disamping itu, Gubernur Bali dua periode ini menyebut, bahwa media center itu penting dibuat, pasalnya memiliki peran penting untuk melawan hoak atau berita palsu, melawan media sosial yang buruk. Dan yang tidak kalah penting melawan pihak lain yang ingin menghancurkan Bali, Indonesia, maupun Tiongkok.

Pihaknya mengajak untuk bersama-sama satukan pendapat-pendapat, statement, pemikiran positif melalui media center, karena sumber satu-satunya mengenai informasi yang valid terhadap perkembangan Virus Korona.

Sementara pelaku pariwisata Ketut Mardjana mengatakan, agar masyarakat tidak usah paranoid terhadap masalah ini, semua ini akan bisa diatasi, mari bersama yakinkan bahwa Bali aman.

Pihaknya mengajak dalam masa jeda ini digunakan untuk berbenah diri, introspeksi diri, dan menyiapkan diri dengan baik manakala pariwisata kembali pulih.

“ Kami apresiasi terhadap Konjen Tiongkok, Pemerintah Bali atas langkah-langkah cepat yang diambil, dan memberikan jamaninan Bali aman,” tegasnya.

Mardjana mendorong kepada pelaku pariwisata untuk membangkitkan tamu domestik, dan semua harus aware (sadar) dalam hal ini.

“ Salah satu contoh yang bisa dilakukan dengan memberikan biaya murah terhadap jasa penerbangan, tidak banyak pungutan-pungutan, agar wisatawan domestik mampu melakukan penerbangan untuk berkunjung ke Bali,” tandasnya.(bud/bas)

Categories: Zona Berita

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s