Zona Berita

Menaker: Omnibus Law Jamin Korban PHK Dapat 5 Kali Gaji dan Pekerjaan Baru

ZONADAMAI.COM – Pemerintah masih menyusun RUU Omnibus Law Cipta Lapangan Kerja. Dalam beleid yang kerap disebut ‘sapu jagat’ ini diatur mengenai masalah ketenagakerjaan.

Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah mengatakan, salah satu yang baru dalam RUU Omnibus Law Cipta Lapangan Kerja adalah soal jaminan bagi pekerja yang menjadi korban PHK.

“Yang kita perkenalkan di formula pesangon adalah jaminan kehilangan pekerjaan. Cash benefit kemudian vokasi (pelatihan) dan placement (kerja baru),” kata Ida di Istana Bogor, Selasa (11/2).

Menurut Ida, sebelumnya tidak ada aturan mengenai jaminan pekerjaan dan kehilangan kerja.

Menurut dia, pekerja yang menjadi korban PHK akan dijamin mendapatkan pesangon 5 kali gaji.

“Itu bagian dari top-up kompensasi PHK, itu pengaturan PHK juga akan diatur di UU Omnibus Law, berapa lama dia masa kerjanya, akan mendapat apa, akan diatur,” sebutnya.

Politikus PKB, ini memastikan pemerintah akan mendengarkan pandangan-pandangan kaum buruh. Hari ini, dia mengaku mengundang serikat buruh untuk mendiskusikan Omnibus Law.

“Ini teman-teman minta juga dilibatkan, akan kita libatkan proses sosialisasi ke daerah-daerah. Hari ini sedang dilakukan ke kantor-kantor Kemnaker,” ujarnya.

Selain itu, Ida memastikan Kemnaker akan terus berkomunikasi dan mendengar pandangan dari para buruh sebelum RUU Omnibus Law menjadi draf final untuk diserahkan ke DPR.

 

Categories: Zona Berita

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s