Zona Berita

238 WNI di Natuna Siap Dipulangkan, Dipastikan Bebas dari Virus Corona

Sebanyak 238 Warga Negara Indonesia (WNI) dari Wuhan, China yang diobservasi di Natuna, Kepulauan Riau semuanya dinyatakan sehat. Hal ini sesuai dengan prosedur kesehatan standar WHO terkait dengan virus Corona.

Hal tersebut disampaikan Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto saat memberikan sambutan di hadapan ratusan personel TNI-Polri dan unsur terkait yang tergabung dalam Satgas Komando Tugas Gabungan Terpadu (Kogasgabpad) Operasi Bantuan Kemanusiaan Natuna yang melaksanakan observasi 238 WNI di Lanud Raden Sadjad, Natuna, Kepulauan Riau, Kamis, 13 Februari 2020.

Hadi mengapresiasi Kogasgabpad Operasi Bantuan Kemanusiaan Natuna yang melaksanakan observasi 238 WNI tersebut.

Sampai dengan hari ke-12 proses observasi, kata dia, antara personel TNI-Polri, BNPB, Kemenkes, aparat pemerintah daerah Kabupaten Natuna saling bersinergi

“Perlu dipahami bersama bahwa Kogasgabpad Operasi Bantuan Kemanusiaan ini hanya butuh waktu kurang 2 hari untuk mempersiapkan dan melaksanakan operasi kemanusiaan yang baru pertama kali dilaksanakan di Indonesia yang sesuai dengan standar kesehatan dunia WHO,” tutur Hadi Tjahjanto dalam keterangan tertulis yang diterima.

Dia mengatakan, TNI, Polri, dan ormas di wilayah Natuna telah memberikan pengertian kepada masyarakat mengenai pemilihan Natuna sebagai lokasi observasi kepada sekitar 238 WNI dari Wuhan terkait adanya wabah virus Corona.

“Bahwa Natuna dipilih menjadi tempat observasi WNI dari Wuhan menuju Indonesia adalah suatu kehormatan,” kata dia.

Panglima TNI yang telah mengikuti dan memantau jalannya observasi WNI Wuhan di Natuna ini pun menambahkan, dua hari lagi, proses observasi selesai.

“Yakinkan kepada masyarakat bahwa WNI yang di observasi di Natuna ini dalam keadaan sehat dan kembali ke tempat asalnya dapat diterima masyarakat,” Hadi menandaskan.

Categories: Zona Berita

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s