Zona Berita

Pemerintah Tolak Kepulangan WNI Eks ISIS, Ada 3 Alasan

ZONADAMAI.COM – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan, Mahfud MD, menegaskan pemerintah sudah memutuskan tidak akan memulangkan WNI yang berstatus foreign terrorist fighter (FTF) yang saat ini ada di berbagai negara.

“Ya mereka kan gak mengakui sebagai WNI,” kata Mahfud di kantornya, Rabu 12 Februari 2020.

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi ini kembali mengatakan ada tiga poin dalam rapat kabinet di Bogor kemarin. Ketiga poin itu menjadi dasar keputusan pemerintah menolak mengembalikan WNI, yang diduga bergabung dengan kelompok ISIS, dan saat ini berada di berbagai negara.

“Satu, menjamin rasa aman dan nyaman bagi 267 warga negara yang hidup di Indonesia. Harus dilindungi negara tidak boleh ada teroris. Yang kedua, tidak memulangkan pejuang kombatan yang tergabung dalam FTF di beberapa negara,” ujarnya.

Dan yang ketiga mengenai pendataan para FTF. “Karena mendatangi ini kan dari lembaga lembaga Internasional, datanya itu tidak teridentifikasi, jumlah sekian ini sekian gitu loh,” ungkapnya.

Selain itu Mahfud memastikan pemerintah tidak akan mengambil langkah hukum terhadap mereka usai memutuskan tidak memulangkan para WNI terduga teroris. Karena para WNI yang menjadi FTF ini juga tidak berada di Indonesia dan sudah membakar paspor mereka.

“Tidak ada, wong mereka pergi dari sini (Indonesia) mau diapain?” katanya.

Categories: Zona Berita

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s