Zona Berita

Komisi IX: Pemerintah Harus Sosialisasi Virus Corona ke Masyarakat

images - 2020-01-25T145244.655

ZONADAMAI.COM – Ketua Komisi IX DPR yang membidangi kesehatan meminta Kementerian Kesehatan (Kemenkes) lebih gencar melakukan sosialisasi terkait virus Corona. Ia tak ingin ada kegaduhan di masyarakat karena kurangnya informasi.

“Kalau seperti ini harusnya sudah mulai diambil langkah sosialisasi, jangan sampai masyarakat gaduh karena tidak tahu, dan karena ada mungkin juga berita yang dibaca sepotong-sepotong,” kata Wakil Ketua Komisi IX DPR Nihayatul Wafiroh saat dihubungi, Kamis (23/1/2020).

Menurut Ninik, kegaduhan di masyarakat bisa disebabkan oleh ketiadaan informasi yang komprehensif. Ia pun meminta petugas kesehatan hingga ke tingkat puskesmas lebih proaktif.

“Jadi saya minta dari Kementerian Kesehatan melakukan sosialisasi ke masyarakat bagaimana pencegahan virus, bagaimana penyebarannya, dan kalau ada sudah gejala bagaimana, mereka berobatnya ke mana,” ujarnya.

Selain itu, Ninik ingin Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) lebih dioptimalkan. Politikus PKB itu juga ingin masyarakat yang akan ke luar negeri diberi informasi terkait virus Corona.

“Fungsi dari KKP detektor itu juga harus dimanfaatkan, dimaksimalkan, dan juga masyarakat yang mau ke luar juga diberi informasi yang cukup. Bisa jadi dia berangkat sehat, tak tahu informasi apa-apa, dia kena,” ucap Ninik.

Diketahui, virus tersebut muncul dari Wuhan, China. Sempat dikabarkan virus Corona sudah masuk ke Indonesia karena kabar seorang karyawan Huawei dari China yang mengalami demam..

Categories: Zona Berita

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s