Zona Berita

Papua Siap Laksanakan PON 2020

ZONADAMAI.COM – Wakil Ketua PB PON Papua, Yohanes Walilo mengatakan Papua siap menyelenggarakan PON XX 2020.

Walilo mengatakan,  kesiapan PON telah dilaporkannya kepada presiden, saat menghadiri Rapat Terbatas  bersama Presiden Jokowi di Jakarta ( yang diikuti Ketua PB PON Provinsi Papua dan Wakil Gubernur Papua.

“Tidak ada lagi informasi dari luar mengatakan bahwa Papua tidak siap, atau karena masalah keamanan, ataupun ditunda, itu tidak benar,” katanya kepada wartawan usai menggelar rapat bersama Panitia Sub PB PON Kabupaten Jayapura, di lantai II Kantor Bupati Jayapura, Gunung Merah, Sentani, Selasa (21/01/20).

Kata Walilo, Presiden Joko Widodo sudah menyetujui dalam rapat terbatas, yang intinya bahwa Papua sesuai laporan persiapan, Papua siap menyelenggarakan PON di Bulan Oktober 2020 nantinya.

“Sisa waktu yang ada, baik PB PON bersama Sub PB PON ditiga kabupaten dan kabupaten lainnya siap menyukseskan penyelenggaraan PON XX Papua,” jelasnya.

Tentang rapat koordinasi bersama Panitia Sub PB PON Kabupaten Jayapura, Selasa (21/01/20) yang dihadiri Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw bersama panitia lainnya di Aula lantai II Kantor Bupati Jayapura, adalah pengecekan kesiapan venue maupun kesiapa lain-lainnya terkait dengan Kabupaten Jayapura yang akan menjadi tuan rumah dalam upacara seremoni pembukaan PON XX Tahun 2020 pada Oktober mendatang.

“Kabupaten Jayapura ini tuan rumah untuk upacara seremoni pembukaannya, sehingga akan lebih banyak berkoordinasi dengan PB PON untuk acara penyelenggaraannya, karena itu adda bidang penyelenggara,” jelasnya.

Selain Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw menambahkan  bahwa selaku panitia, hendaknya menyongsong pelaksanaan PON XX Tahun 2020 di Bulan Oktober 2020 dengan optimis.

“Kita menyongsong Bulan Oktober ini dengan optimis dan kepastian,” tegas bupati saat memimpin rapat koordinasi tersebut.

Dikutip dari Reportasepapua.com, Gubernur Papua Lukas Enembe menyambangi Kantor Menteri Pemuda dan Olahraga untuk bertemu Menteri Zainudin Amali membahas persiapan PON XX dan Peparnas XVI Tahun 2020 di Provinsi Papua. Pertemuan yang dilangsungkan di ruang kerja Menpora ini juga diikuti Ketua Umum KONI, Marciano Norman.

“Kami tadi sudah membicarakan persiapan PON bersama Ketua Umum KONI dan oleh Bapak Gubernur disampaikan bahwa Papua sudah sangat siap untuk melaksanakan PON. Venue akan siap pada Maret 2020 yang disiapkan oleh APBD dan Juli venue yang disiapkan oleh APBN akan rampung” ujar Menpora di Jakarta, Selasa (21/01).

Berkaitan dengan isu keamanan, Zainudin Amali juga mengungkapkan bahwa tidak ada yan perlu dikahwatirkan terkait hal tersebut.

“Papua sama dengan provinsi lain, aman terkendali. Aparat keamanan menjamin keamanan penyelenggaraan PON” tambahnya.

Gubernur Papua, Lukas Enembe, menambahkan bahwa PON ini sudah dinantikan oleh rakyat Papua. “Kami sudah sangat siap untuk menjadi tuan rumah. PON ini tidak sekedar olah raga tapi soal NKRI, soal kehadiran seluruh atlit dari seluruh Indonesia ke Papua untuk melihat Papua sehingga Indonesia dari sabang sampai merauke berkumpul di Papua” Tegas Bapak Gubernur.

Gubernur Lumas Enembe meminta kepada awak media untuk menyampaikan ke publik bahwa, Papua sudah siap menyambut saudara-saudara kita dari seluruh Indonesia.

Categories: Zona Berita

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s