Zona Berita

BMKG: Waspadai Hujan Lebat dan Gelombang Tinggi

ZONADAMAI.COM – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan intensitas siklon tropis Claudia akan semakin meluruh dalam 24 jam ke depan dan bergerak ke arah barat, barat daya atau semakin menjauhi wilayah Indonesia.

Siklon tropis Claudia muncul beberapa hari terakhir di perairan barat Darwin, Australia. Sebelumnya sirkulasi siklonik terpantau di Samudra Timur Filipina, Kalimantan Utara dan di Samudera Hindia Barat Aceh. Siklon tropis merupakan badai dengan kekuatan besar.

Kepala Pusat Meteorologi Publik BMKG Fachri Radjab mengatakan, dari analisis BMKG, meski bergerak menjauh, siklon tropis ini cukup memberikan dampak terhadap cuaca Indonesia.

“Diprediksi hingga besok, Rabu (15/1/2020) posisi siklon di Samudera Hindia sebelah selatan Jawa atau sekitar 1.450 kilometer sebelah barat daya Denpasar,” katanya di Jakarta, Selasa (14/1/2020).

Arah gerak siklon dengan kecepatan 12 knots (22 km/jam) ini bergerak menjauhi wilayah Indonesia.

Dampak siklon tropis Claudia ini lanjutnya akan memunculkan angin kencang dengan kecepatan lebih dari 20 knots di wilayah Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat dan NUsa Tenggara Timur (NTT).

Gelombang dengan ketinggian 1,25-2,5 meter akan terjadi di perairan selatan Pulau Jawa hingga Pulau Sumba, Selat Bali bagian selatan, Selat Badung, Selat Lombok, Selat Alas, Selat Sape baian selatan, Selat Sumba bagian barat, Laut Sawu, perairan Pulau Sawu dan Pulau Rote laut timor selatan NTT.

“Selain itu waspadai juga potensi gelombang 2,5-4 meter di Samudera Hindia selatan Jawa timur hingga NTT,” ucapnya.

Untuk prakiraan cuaca, BMKG memprediksi peluang potensi hujan lebat pada, Rabu (15/1) akan terjadi di Sumatera Barat, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Yogyakarta, Bali, NTB, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Gorontalo Sulawesi Tengah dan Sulawesi Tenggara.

Sedangkan potensi hujan lebat disertai angin kencang pada Selasa (14/1) di wilayah Sumatera Selatan, Riau, Jambi, Bengkulu, Banten, Jawa Barat, Jabodetabek, Jawa Timur, Jawa Tengah, NTT, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, Sulawesi Utara dam Papua diprediksi masih berpeluang terjadi pada Rabu (15/1).

“BMKG terus mengimbau masyarakat untuk selalu berhati-hati terutama di daerah yang berpotensi hujan lebat disertai angin kencang,” ungkapnya.

Erupsi Taal

Sementara itu pascaerupsi gunung api Taal di Filipina, BMKG menyebut, dampak abu vulkanik erupsi tidak berdampak ke wilayah Indonesia bagian utara seperti wilayah Sulawesi Utara.

Kepala Bidang Diseminasi Informasi Iklim dan Kualitas Udara BMKG Hary Tirto Djatmiko mengatakan, sejauh ini jika dilihat dari arah pergerakan debu vulkanik, arah pergerakannya menuju ke timur laut Filipina dan menjauhi wilayah Indonesia.

“Kondisi tersebut juga tidak mempengaruhi kualitas udara di sekitar Sulawesi Utara. Sedangkan untuk kondisi penerbangan hanya mempengaruhi area udara Filipina,” kata Hary.

Categories: Zona Berita

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s