Zona Berita

Jadi Pembicara Kunci di Abu Dhabi, Jokowi Ingin Baterai Ponsel RI Diingat Dunia

ZONADAMAI.COM – Presiden Joko Widodo alias Jokowi berbicara mengenai peranan Indonesia di masa depan. Menurutnya, RI bisa menjadi negara yang berperan penting dalam pembentukan energi baru terbarukan.

Hal ini berkaitan dengan kebijakan pemerintah untuk menekan ekspor nikel. Selaku produsen utama nikel dunia, Indonesia memutuskan untuk mengurangi ekspor komoditas mentah tersebut. Sebab, nikel ini akan diolah dan digunakan dalam negeri sebagai bahan baku baterai lithium ion.

Yang mana, baterai lithium ion ini merupakan baterai yang digunakan untuk ponsel pintar. Sedangkan di lain sisi penggunaan ponsel pintar kian hari kian meningkat. Oleh karena itu, ketika jumlah pengguna meningkat, maka peran Indonesia sebagai produsen baterai akan bertambah besar pula kepada dunia.

Hal tersebut disampaikan oleh kepala negara saat menjadi pembicara kunci di forum internasional bertajuk Abu Dhabi Sustainability Week (ADSW) yang digelar di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (UEA) pada Senin (13/1).

“Sepuluh tahun mendatang, setiap kali Anda melihat ponsel pintar, Anda akan teringat bahwa Anda membawa bagian kecil dari Indonesia di kantung dan tas anda setiap hari,” kata Jokowi. “Itu akan mengingatkan anda pada bagian kecil dari mineral Indonesia.”

Penggunaan baterai yang dibuat dari olahan nikel rupanya tak hanya terbatas untuk digunakan pada ponsel pintar saja. Mobil listrik juga membutuhkan baterai ini.

Mobil listrik memang saat ini belum banyak peminatnya, namun seiring berjalannya waktu tidak menutup kemungkinan mobil ini akan berperan penting untuk transportasi di masa depan, mengingat sejumlah persoalan terkait lingkungan jika manusia terus menggunakan BBM.

Untuk mengembangkan energi baru terbarukan, Jokowi berupaya menggandeng negara-negara lain. “Kami mengundang Anda semua untuk bermitra dengan kami untuk membangun industri di dalam negeri untuk memproduksi komponen baterai sebagai perpanjangan hilir alami dari produksi nikel kami,” tuturnya.

Dalam kesempatan itu, Jokowi juga membahas mengenai potensi RI dalam mengembangkan campuran untuk menghasilkan bahan bakar minyak (BBM) jenis biodiesel. BBM dibuat dengan memanfaatkan minyak sawit mentah.

Categories: Zona Berita

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s