Zona Berita

NU Desak Pemerintah Bubarkan FPI Terkait Penghinaan Wapres

ZONADAMAI.COM – Kasus penghinaan yang dilontarkan kepada pemerintah kembali terjadi. Kali ini, kasus penghinaan menyasar kepada Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin oleh seorang penceramah bernama Jafar Shodiq bin Sholeh Alattas.

Atas perkara itu, Intelektual muda Nahdlatul Ulama (NU) Mohamad Guntur Romli alias Gus Romli mendesak pemerintah agar segera membubarkan Front Pembela Islam (FPI). Menurutnya, kasus Jafar ini menambah deretan kasus yang dilakukan oleh tokoh dan pengikut FPI, mengingat Jafar juga merupakan tokoh FPI.

“Sebut saja imam besarnya, Rizieq Shihab, yang pernah masuk penjara 2 kali, juga Munarman, Novel Bamukmin, Bahar Smith dan lain-lain,” ujar Gus Romli dikutip dari Suara.com, Jumat (6/12/2019).

Gus Romli menilai dengan adanya kasus ini pemerintah tak perlu lagi mengeluarkan surat keterangan terdaftar (SKT) untuk FPI.

“Maka sudah seharusnya pemerintah tidak boleh memperpanjang izin FPI, harusnya pemerintah membubarkan FPI, karena organisasi ini berisi tokoh dan pengikut yang identik dengan kekerasan dan pelanggaran hukum,” ujarnya.

Berkaca dari kasus Jafar, Gus Romli juga berharap pemerintah bisa lebih tegas memberikan pelajaran bagi penceramah-penceramah yang diduga menyebarkan ujaran-ujaran kebencian.

“Pemerintah lebih tegas lagi menindak ceramah-ceramah keagamaan yang disalahgunakan untuk penyebaran kebencian, adu domba isu SARA dan fitnah,” kata dia.

Seperti diketahui, Habib Jafar Shodiq bin Sholeh Alattas diamankan polisi akibat ceramahnya yang mengandung ejekan Wakil Presiden Maruf Amin sebagai babi. Ceramah itu viral di media soaial dan membuat warganet merasa geram. Isi ceramah tersebut dianggap melanggar Pasal 238 ayat 1 RKUHP tentang penghinaan terhadap presiden dan wakil presiden.

Categories: Zona Berita

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s