Zona Berita

Jelang Nataru, Polisi Banyuwangi Survei Pemetaan Jalur dan Objek Vital

ZONADAMAI.COM – Menjelang libur Natal dan tahun baru 2020, aparat keamanan memulai survei pemetaan di beberapa objek vital nasional, destinasi wisata, dan jalan di wilayah Banyuwangi. Pemetaan dilakukan untuk menentukan pospam terpadu di sejumlah titik poin vital yang padat lalu lintas.

Kegiatan ini merupakan upaya pemetaan titik rawan sekaligus bentuk operasi pengamanan libur akhir tahun nanti. Survei ini dipimpin langsung Kapolresta Banyuwangi AKBP Arman Asmara Syarifuddin.

Selain untuk cek lokasi pospam yang akan dibangun, aparat penjaga keamanan Banyuwangi ini juga melakukan sejumlah pemantauan dan evaluasi sejumlah terhadap rute yang berpotensi menjadi kantong-kantong kepadatan arus lalu lintas.

Kapolresta Arman Asmara Syarifuddin mengatakan operasi ini dibagi menjadi dua tim, yakni tim penyisiran Banyuwangi Selatan dan Utara. Setelah tim menentukan titik yang tepat, baru akan dibangun pos-pos penjagaan. Tentunya dengan konsep yang ramah lingkungan dan kearifan lokal.

“Ini dalam memberikan pelayanan publik secara maksimal kepada masyarakat selama pelaksanaan pengamanan Natal dan tahun baru, yaitu dengan mendirikan pos pengamanan dan pos pelayanan yang humanis,” katanya kepada wartawan, Selasa (10/12/2019).

Menurutnya, pos-pos ini tidak hanya didirikan pada lokasi yang sama seperti tahun-tahun sebelumnya. Sebab, dinamika perkembangan masyarakat saat ini sudah meningkat. Ditambah, banyaknya kawula muda serta kelompok-kelompok masyarakat yang semakin berkembang membuat evaluasi dalam survei ini harus benar-benar tepat untuk diletakkan pos penjagaan.

“Pembangunan pos tentunya berdasarkan dari sejumlah evaluasi, bisa dilokasi yang sama seperti dulu, bisa juga digeser, atau bahkan ditambah mengingat perkembangan Banyuwangi saat ini,” tambahnya.

Selain memantau di sejumlah titik vital, seperti bandara, pelabuhan, dan stasiun kereta, polisi juga menitikberatkan pandangan ke daerah-daerah yang rawan gesekan. Apalagi, dalam beberapa hari lagi, hari umat kristiani akan dirayakan, sehingga kejelian polisi harus benar-benar secara tepat menentukan lokasi pembangunan pos pengamanan.

“Kami juga memantau dan cek di sejumlah lokasi yang biasanya ramai manusianya. Kami berharap setiap masyarakat bisa menciptakan situasi kamtibmas. Setidaknya, setiap individu bisa menjadi polisi bagi diri sendiri,” pungkasnya.

Categories: Zona Berita

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s