Zona Berita

Pemerintah Ingin Selesaikan Pelanggaran HAM Berat Lewat UU KKR

ZONADAMAI.COM – Dirjen HAM Kemenkumham, Mualimin Abdi menyebut, pemerintah berkeinginan untuk menyelesaikan kasus pelanggaran HAM berat masa lalu.

Hal itu dikatakannya usai menghadiri panggilan dari Menko Polhukam, Mahfud MD untuk membahas RUU Komisi Kebenaran dan Rekonsiliasi (KKR) di kantor Kemenko Polhukam.

Mualimin menjelaskan, dalam pertemuan tersebut, kasus HAM berat masa lalu akan dipetakan terlebih dahulu.

“Karena kan ada yang bisa diproses, ada yang sudah pernah berjalan, ada yang tidak bisa diproses,” kata Mualimin, Rabu (4/12/2019).

Lebih jauh, kata Mualimin pengkelompokan tersebut akan diselesaikan dengan cara non-yudisial atau KKR, dan juga yudisial atau dengan pengadilan HAM.

“Kalau yang tidak bisa diproses ya harus cari jalan ya. Masa ya pengin terus menerus dibiarkan gitu saja. Kalau dibiarkan begitu saja kan tidak ada kepastian. Maka pemerintah harus mencari jalan itu,” ucap nya.

“Nah Pak Menko berkeinginan, maka itu bisa kita bahas kembali. Agar sekali lagi, apa yang saya sampaikan itu, yang tidak bisa diproses melalui mekanisme yudisial, bisa dialihkan ke mekanisme KKR,” sambungnya.

Oleh karena itu, Mualimin mengatakan, pemerintah mendorong KKR untuk masuk Prolegnas.

“Iya lah (mendukung), kan pak Menko (Mahfud MD) perintahkan pak Menkumham (Yasonna Laoly), pak Menteri perintahkan saya untuk segera difikirkan masuk (Prolegnas),” tuturnya. []

Categories: Zona Berita

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s