Zona Berita

Kemenag Kabupaten Kediri Serahkan Kasus Soal Ujian MA ke Kanwil Jatim

ZONADAMAI.COM – Soal ujian sekolah semester ganjil pelajaran fiqih kelas 12 Madrasah Aliyah (MA) di wilayah Kediri, ditanggapi oleh pihak Kemenag Kabupaten Kediri (05/12/2019).

Enim Hartanto, Kasi Pendidikan Madrazah Kemenag Kabupaten Kediri, mengatakan  viralnya soal ujian pelajaran fiqih kelas 12 Madrasah Aliyah di wilayah kerja Kediri Utara merupakan  kesalahan salah satu oknum guru madrasah, yang menjadi tim pembuat naskah soal atau musyawarah guru mata pelajaran.

”Saat ini, soal ini telah diserahkan ke kantor wilayah Surabaya dan soal tersebut telah ditarik dan akan disediakan soal ujian susulan,” katanya.

Enim Hartanto, menambahkan saat ini kantor wilayah telah memanggil pihak guru tersebut untuk dilakukan klarifikasi dan menarik seluruh soal yang memuat pertanyaan khilafah serta akan dilakukan ujian ulangan dengan naskah yang baru.

Pihaknya tidak bisa menyebut kesalahan guru tersebut di mana, karena kasus ini telah diambil alih oleh kantor wilayah Surabaya.

Sedangkan soal yang berisi pertanyaan khilafah digunakan oleh 54 sekolah Aliyah baik swasta maupun negeri di Kabupaten Kediri, sedang di Kota Kediri digunakan oleh 5 Aliyah swasta dan negeri.

Sementara untuk MA yang mengerjakan soal ujian tersebut kini harus mengikuti ujian susulan. Namun, Kasi Pendidikan Madrasah Kemenag Kabupaten Kediri mengaku belum tahu kapan ujian susulan tersebut akan di laksanakan karena masih menunggu petunjuk Kanwil Surabaya. (*)

Categories: Zona Berita

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s