Zona Berita

1 Desember, Tokoh Papua Ajak Masyarakat Jaga Kedamaian

ZONADAMAI.COM – Menjelang 1 Desember yang disebut-sebut sebagai hari ulang tahun Organisasi Papua Merdeka (OPM), masyarakat diminta jangan melakukan aksi atau orasi-orasi di jalan yang tidak menyejukkan.

“Mari jaga kedamaian dan keamanan di Tanah Papua. Jangan ada aksi atau orasi di jalan-jalan atau tempat pertemuan. Kalau mau rayakan silakan di markas-markas OPM sendiri,” ujar Ketua La Pago Provinsi Papua Agus Rawa Kogoya di Jayapura, Jumat (29/11/2019).

Agus Kogoya meminta dan mengajak seluruh masyarakat di Provinsi Papua untuk tidak membuat pernyataan yang tidak menyejukkan. “Saya meminta kepada para tokoh, pemuda, dan masyarakat untuk tidak membuat pernyataan yang tidak menyejukkan,” katanya.

Dijelaskan sudah digaungkan sejak lama bahwa Papua menjadi tanah damai dan hal ini sudah menjadi komitmen bersama. Sehingga patut disepakati dan diindahkan dengan tidak membuat kegaduhan ataupun menyebarkan informasi yang tidak benar.

Menurutnya daripada membuat aksi atau orasi-orasi yang bisa memancing kerusuhan lebih baik masyarakat untuk berdoa di rumah masing-masing, bukan dengan berkumpul di jalan-jalan atau di satu tempat yang sudah dilarang oleh pemerintah. Apalagi dalam tiga bulan terakhir ini situasi di Papua dalam pemulihan pasca aksi anarkis di sejumlah daerah.

“Jangan membuat sesuatu yang nanti dapat merusak keamanan yang dapat menimbulkan korban. Saya harap semua wilayah adat dapat menjaga stabiltas kemanan terutama pada tanggal 1 Desembar,” ujarnya.

Agus Kogoya kembali mengajak agar masyarakat di tanah Papua lebih cerdas dan cermat dalam menerima informasi atau ajakan yang ujung-ujungnya akan membuat permasalahan. Ada baiknya mempersiapkan diri dan keluarga untuk menyambut perayaan Natal 25 Desember 2019 dan Tahun Baru 2020.

“Jadi hari besar ini tidak boleh ada yang ganggu baik dengan sengaja maupun tidak sengaja. Saya imbau untuk semua masyarakat yang ada di tanah Papua baik gubernur, DPRP, MRP, TNI-Polri, mari kita menjaga kemanan bersama pada 1 Desember, masyarakat jangan ada yang terprovokasi oleh siapapun,” katanya.

Ditambahkan untuk saudara-saudara kami, TPN-OPM jangan lagi ada kontak senjata pada 1 Desember ini.

“Mari kita berdoa di wilayah masing- masing dan jangan ada yang memancing situasi yang dapat mengakibatkan jatuhnya korban. cukup sudah apa yang terjadi kemarin,” pungkasnya.

Categories: Zona Berita

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s