Zona Berita

Kementerian PAN: Larangan LGBT Daftar CPNS itu Sudah Sesuai Kebutuhan

ZONADAMAI.COM – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (Kemen-PAN RB) menyebut persyaratan khusus bagi pelamar calon pegawai negeri sipil (CPNS) di Kejaksaan, merupakan syarat yang telah ditetapkan sesuai formasi jabatan.

Juru bicara Kementerian PANRB Andi Rahadian mengatakan adanya persyaratan khusus soal tidak diperbolehkannya orang berorientasi seksual berbeda/(LGBT) maupun orang bertato dan bertindik ikut seleksi CPNS, sudah diinformasikan sesuai kebutuhan.

Menurut Andi Rahadian, Kemen-PANRB telah mendapat informasi tersebut dan hanya bisa menerima segala persyaratan itu asalkan sesuai dengan prinsip keadilan.

“Kebutuhan formasi jabatan berasal dari masing-masing kementerian ya, sesuai yang tersedia. Setiap formasi jabatan itu ada beberapa persyaratan khusus ya yang tentunya hanya Kementerian Lembaga itu sendiri yang tahu, karena kebutuhannya dari mereka. Mereka yang menyampaikan kepada kementerian PAN RB itu informasi-informasi kebutuhan mereka apa saja, yang untuk tahun ini diperlukan dan juga kompetensi apa yang dibutuhkan,” ucap Andi Rahadian kepada KBR, Rabu (20/11/2019).

“Sebetulnya yang paham itu kementerian-kementerian terkait. Tapi kita sudah memberikan imbauan termasuk permintaan agar ada supaya mengalokasikan minimal dua persen disabilitas dari formasi,” tambahnya.

Andi Rahadian mengatakan, Kemen-PANRB juga telah meminta kementerian lembaga menerapkan prinsip yang kompetitif, adil, objektif, dan transparan.

Meski begitu, Kemen-PANRB menyerahkan persyaratan khusus tertentu kepada masing-masing lembaga, sesuai dengan formasi dan kompetensi yang dibutuhkan.

Ia berkata, hanya Kejaksaan Agung yang dalam hal ini paham alasan pencantuman syarat khusus tersebut.

“Kita sudah meminta terhadap kementerian lembaga. Kita juga sudah mengirimkan surat untuk mengingatkan kembali mengenai pendaftaran CPNS bagi penyandang disabilitas. Kita kirimkan surat dari Men-PANRB ke pejabat penerima kepegawaian (PPK) di pusat dan daerah,” ujar Andi.

“Pada prinsipnya ada prinsip dalam pelaksanaan CPNS. Yang pertama kompetitif, adil, objektif, transparan, dan bersih dari praktek KKN. Kemudian juga prinsip gratis sampai pengumuman,” pungkasnya.

Categories: Zona Berita

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s