Zona Berita

Mahfud MD: Tidak Ada Bukti Pencekalan Habib Rizieq

ZONADAMAI.COM – Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan, Mahfud MD membantah tudingan Imam Besar Forum Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab yang menuduh pemerintah Indonesia mempersulit kepulangannya ke Tanah Air.

“Sampai hari ini tidak ada bukti atau indikasi bahwa pemerintah Indonesia mencekal Habib Rizieq,” katanya kepada media, Selasa (12/11).

Dikatakannya jika merujuk kepada aturan hukum di Indonesia, orang yang dicekal itu maksimal 6 bulan. Sementara pengakuan Rizieq, telah dicekal selama satu setengah tahun oleh pemerintah.

Mahfud memastikan bahwa status Habib Rizieq tidak bermasalah dengan Pemerintah Indonesia. “Itu harus ditanyakan ke Arab Saudi kenapa dia dicekal, kita tidak tahu. Kalau ada bukti Indonesia yang mencekal bilang ke saya, nanti saya selesaikan,” tambahnya.

Sementara itu, Ketua DPR RI, Puan Maharani mengatakan bahwa pihaknya akan berkoordinasi dengan Menkopolhukam, Mahfud MD, terkait hal itu.

“Nanti saya coba tanya Pak Mahfud deh, saya telepon-teleponan deh sama Pak Mahfud,” kata Puan, di Kompleks Parlemen.

Sejauh ini, menurut Puan, belum ada informasi secara detail terkait status Rizieq Shihab di Arab Saudi. Puan juga menilai Mahfud MD lebih punya kedekatan dengan Rizieq.

“Coba tanya Pak Mahfud (tentang Rizieq) kan harusnya Pak Mahfud lebih akrab sama Rizieq Shihab”, ucap Puan.

Seperti diketahui sebelumnya, beredar rekaman video Habib Rizieq mengungkapkan alasannya tidak kunjung pulang ke Indonesia melalui media sosial YouTube. Pimpinan Front Pembela Islam itu mengaku jika kepulangannya ke Indonesia dicekal oleh pemerintah.

Dalam video itu, dirinya juga memperlihatkan surat pencekalan yang dibuat oleh pemerintah Arab Saudi. Dirinya pun berharap publik tidak berprasangka negatif terkait keberadaannya di Tanah Suci.

Categories: Zona Berita

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s