Zona Berita

Polisi Buru Tiga Orang Dalang Kerusuhan Wamena, Papua

ZONADAMAI.COM – Polisi menetapkan Daftar Pencarian Orang (DPO) yang diduga kuat sebagai aktor kerusuhan di Wamena, Papua. DPO berjumlah tiga orang.

Kapolres Jayawijaya Ajun Komisaris Besar Tonny Ananda Swadaya mengatakan polisi sedang memburu ketiganya. Polisi telah mengantongi identitas ketiga DPO.

“Kita sudah tahu orang-orangnya, foto-foto, hasil rekaman video dari CCTV sudah ada,” ujar Tonny di Wamena, Papua, Senin (7/10/2019).

Tonny tak menjelaskan identitas para DPO itu. Tonny mengatakan dari 12 orang yang sudah diamankan, sembilan di antaranya sudah ditetapkan sebagai tersangka kerusuhan Wamena.

“Sembilan orang sudah mengarah ke tersangka. Pengembangan masih terus dilakukan hingga memperoleh siapa aktor di balik kerusuhan itu,” ujarnya.

Tonny memastikan aktivitas perekonomian di Wamena sudah kembali normal. Sejumlah pengungsi sudah meninggalkan Mapolres Jayawijaya dan telah kembali ke rumah masing-masing.

Sebanyak 1500 personel disiagakan untuk menjaga keamanan Wamena. Sebelumnya, setelah kerusuhan pecah di Wamena, sejumlah warga terlihat menyiapkan senjata tajam untuk melindungi diri, baik pisau, parang, kayu dan pipa. Tonny menyebut warga kini sudah tak membawa senjata tajam lagi.

“Kami sudah mengimbau pengungsi untuk tidak lagi membawa senjata tajam dan beberapa hari ini saya lihat sudah tidak ada lagi yang membawa senjata tajam di sekitar Wamena,” ujar Tonny.[sgh]

Categories: Zona Berita

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s