Zona Berita

Iuran BPJS Memang Naik, Tapi 96 Juta Peserta Ditanggung

ZONADAMAI.COM – Pemerintah memastikan iuran BPJS Kesehatan akan naik di 2020. Namun dapat dipastikan seluruh masyarakat miskin ditanggung.

“Penerima Bantuan Iuran (PBI) itu untuk orang miskin, coveragenya bisa sampai 96 juta orang. Di 2020 yang harapannya kita akan ditambah dari 96 juta tadi sehingga pelayanan kesehatan akan seimbang dan lebih dari itu,” Dirjen Anggaran Kemenkeu Askolani, Kamis (26/9/2019).

Dijelaskan Askolani lebih jauh, nilai bantuannya dalam pagu anggaran bahkan ditingkatkan sampai 20 kali lipat yakni mencapai Rp 40 triliun.

“Sehingga BPJS dan Rumah Sakit bisa mengelolanya lebih konsisten,” terang Askolani.

Pemerintah akan menaikkan iuran BPJS Kesehatan mulai Januari 2020 untuk mengatasi defisit yang kian melebar. Pemerintah memutuskan untuk menaikkan iuran BPJS Kesehatan kelas I menjadi Rp 160 ribu per bulan, kelas II menjadi Rp 110 ribu.

Adapun iuran kelas III tidak dinaikkan karena adanya masukan dari Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) karena 60% pesertanya merupakan masyarakat berpenghasilan menengah ke bawah.

Direktur Utama BPJS Kesehatan Fachmi Idris menyatakan, kenaikan iuran BPJS Kesehatan menjadi salah satu opsi untuk menambal defisit. Saat ini, ada sekitar 130 juta masyarakat Indonesia yang menjadi peserta BPJS Kesehatan. (dru/dru)

Categories: Zona Berita

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s