Zona Berita

Untuk Memperkuat KPK, Jangan Jadi Taliban!

ZONADAMAI.COM – Tokoh muda PDI Perjuangan, Zuhairi Misrawi, menyatakan dalam rangka memperkuat Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), hendaknya siapapun tidak menjadi Taliban.

Hal itu dinyatakan pria yang akrab disapa Gus Mis itu  dalam akun Facebooknya, baru-baru ini.

Gus Mis menegaskan, wacana penguatan KPK adalah komitmen bersama. Namun, hendaknya dalam melaksanakan komitmen bersama itu jangan menjadi Taliban.

“Wacana Memperkuat KPK adalah komitmen kita bersama. Bagaimana caranya? Banyak mazhab dalam mendiskusikannya. Jangan jadi Taliban,” kata Gus Mis, yang juga Intelektual muda Nahdlatul Ulama (NU).

Pernyataan Gus Mis ini merupakan respon terhadap isu keberadaan faksi “Taliban” di dalam tubuh KPK. Keberadaan faksi tersebut diakui oleh Busyro Muqoddas yang merupakan Ketua KPK era 2010-2011.

Busyro mengakui ada istilah Taliban di internal KPK saat dirinya menjadi Ketua KPK.  Dia menjelaskan kelompok Taliban yang dimaksud adalah sejumlah penyidik tetap KPK yang merupakan mantan anggota Polri, salah satu di antaranya Novel Baswedan.

Istilah Taliban melekat pada kelompok tersebut karena dikenal militan dalam pemberantasan korupsi.

Taliban sendiri merupakan gerakan politik Islam Sunni radikal yang sempat berkuasa di Afghanistan pada 1996-2001. Selama berkuasa, Taliban memberlakukan hukum syariat secara keras dengan tidak memperbolehkan televisi, musik, serta melarang anak-anak perempuan berusia 10 tahun ke atas masuk sekolah.

Categories: Zona Berita

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s