Zona Berita

Menkominfo: Peresmian Palapa Ring Tinggal Tunggu Momentum

ZONADAMAI.COM – Belum lama ini, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengabarkan bahwa Palapa Ring sudah rampung sepenuhnya.

Lantas, kapan projek “tol langit” ini bakal diresmikan?

Terkait pertanyaan itu, Menkominfo Rudiantara menjelaskan bahwa kini pihaknya tinggal menunggu momentum yang tepat untuk meresmikannya.

“Kalau peresmian, tingga tunggu momentum saja. Yang penting (Palapa Ring), sudah bisa dipakai,” terang Rudiantara selepas membuka acara IDBytes Esports 2019 di ICE BSD, Banten, pada Jumat (13/9/2019).

Menurut Menkominfo, Palapa Ring secara keseluruhan sudah siap untuk diluncurkan karena proses pembangunan infrastruktur di ketiga paket Palapa Ring: Barat, Tengah, dan Timur, sudah selesai.

“Sudah siap dipakai. Pada 31 Agustus kemarin sudah bisa dipakai video conference dengan Bupati Asmat dan Bupati Nunukan,” tutup lelaki yang akrab disapa Chief RA ini.

Sebagai informasi, Palapa Ring adalah proyek infrastruktur telekomunikasi berupa pembangunan serat optik di seluruh Indonesia sepanjang 36.000 km.

Projek itu terdiri atas tujuh lingkar kecil serat optik (untuk wilayah Sumatera, Jawa, Kalimantan, Nusa Tenggara, Papua, Sulawesi, dan Maluku) dan satu backhaul untuk menghubungkan semuanya.

Categories: Zona Berita

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s