Zona Berita

Jokowi: Istana Presiden Dibangun di Papua Mulai Tahun Depan

ZONADAMAI.COM – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyetujui permintaan para tokoh Papua untuk membangun Istana Kepresidenan di Papua. Permintaan tersebut adalah bagian dari pertemuan para tokoh Papua di Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat.

“Jadi mulai tahun depan istana ini akan dibangun. Sudah,” kata Jokowi dihadapan para tokoh-tokoh Papua di Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Selasa (10/9).

Pernyataan tersebut pun disambut sorak gembira oleh mereka yang hadir di istana. Sebelum memutuskan hal tersebut, Jokowi sempat bingung. Dia pun menengok kanan dan kiri para menteri di sampingnya.

Sebab menurut dia, istana tidak semudah dibangun di Bumi Cenderawasih. Kata dia, perlu ada tanah yang luas. Tetapi persoalan tersebut sudah dijamin. Pihak Papua sudah menyiapkan 10 hektare tanah gratis.

“Istana, ini kan yang sulit tanahnya. Ini tanahnya tadi disediakan 10 hektare gratis. Benar sudah ada? Nanti kalau disampaikan hari ini de facto sudah diserahkan. Saya diskusi dulu dengan para menteri,” kata Jokowi.

Sebelumnya tokoh Papua, Abisai Rollo meminta beberapa hal kepada Mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut. Mulai dari meminta untuk pemekaran di 5 provinsi di Papua dan Papua adat hingga membangun istana kepresidenan di Bumi Cendrawasih.

“Pertama, minta untuk adanya pemekaran provinsi 5 wilayah di provinsi Papua dan Papua Barat. Kedua, pembentukan badan nasional urusan tanah Papua. Dan ketiga penempatan pejabat eslon 1 dan eslon 2 di kementerian dan TPMK,” kata Abisai dihadapan Jokowi di Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Selasa (10/9).

Kemudian mereka juga meminta pemerintah membentuk asrama nusantara diseluruh kota. Dan menjamin mahasiswa di Papua. Tidak hanya, itu mereka juga mengusulkan agar merevisi UU Konsus dalam prolegnas di 2020. Lalu mereka meminta agar pemerintah menerbitkan inpres untuk pengangkatan ASN di tanah papua.

“Selanjutnya percepatan palapa ring timur Papua. Dan Bapak Presiden mengesahkan lembaga adat dan anak Papua,” kata Abisai.

Terakhir mereka juga meminta agar Jokowi membangun istana di Bumi Cendrawasih. Tidak hanya di Kalimantan kata dia, masyarakat Papua meminta Jokowi berkantor di sana.

“Membangun istana presiden RI di Papua di Ibu Kota Provinsi Papua, Jayapura. Sehingga perjalan dan berkantor di Papua. Dengan kebijakan beristana di Kalimatan tapi juga di Papua,” ungkap Abisai. [rnd]

Categories: Zona Berita

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s