Zona Berita

Tolak Provokasi Rasisme, Haryanto Ajak Masyarakat Menjaga Persatuan

ZONADAMAI.COM – Bupati Haryanto menyinggung masalah rasisme di lingkungan masyarakat sebagaimana terjadi pada mahasiswa asal Papua di Jawa Timur beberapa waktu lalu. Hal tersebut sangat disayangkan karena bisa memecah kesatuan masyarakat dan menimbulkan prasangka-prasangka negatif lainnya.

Hal tersebut disampaikan Bupati saat menghadiri kegiatan rutin istighosah di Pendopo Kabupaten Pati pada Kamis malam (23/8).

“Kadang kita ini mudah diadu domba karena pengaruh media sosial. Kita jangan sampai terpengaruh. Mari tetap pertahankan kebersamaan. NKRI adalah harga mati,” tegas Haryanto.

Haryanto menilai provokasi bernada rasis selain memancing ketegangan diantara kehidupan bermasyarakat. Ia berharap masyarakat Papua yang ada di Pati tidak menerima perlakuan rasis.

“Warga keturunan Papua yang sekolah di Pati juga cukup banyak, di SMP dan SMA Kayen ada beberapa. Tapi mereka sudah jadi keluarga di sini. Istrinya asli Papua suami dari sini atau sebaliknya,” ungkapnya.

Kegiatan rutin istighosah menjadi wujud untuk menjaga keharmonisan bangsa dan senjata untuk melawan upaya pemberontak yang merusak persatuan.

“Kegiatan kebersamaan semacam ini merupakan senjata kita sebagai tolak bala untuk melindungi kita dari upaya oknum yang hendak memecah belah bangsa. Jangan dikira pertemuan semacam ini tidak bermakna,” lanjut Haryanto.

Ia mengimbau agar seluruh masyarakat Pati mampu guyub rukun, menjaga persatuan, dan tidak terpecah belah. Hal ini sebagaimana cita-cita Kabupaten Pati pada usianya yang ke-696, yaitu

Bupati juga mengingatkan kembali akan tema peringatan Hari Jadi Ke-696 Kabupaten Pati. bersama-sama bersatu membangun Pati yang sejahtera. (*)

Categories: Zona Berita

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s