Zona Berita

KKP: Indonesia Sudah Mampu Hasilkan 16 Juta Ton Ikan Per Tahun

ZONADAMAI.COM – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menyebut bahwa saat ini Indonesia telah mampu menghasilkan 16 juta ton ikan per tahun.

Kepala Badan Riset dan SDM Kelautan dan Perikanan KKP Sjarief Widjaja mengatakan, saat ini, masyarakat Indonesia membutuhkan 50 kilogram ikan per orang per tahun.

Penduduk Indonesia saat ini, kata dia, berjumlah 260 juta yang jika dikalikan dengan 50 kilogram, maka ikan yang harus disiapkan untuk konsumsi dalam negeri adalah 12,8 juta ton.

“Untuk ekspor, disiapkan 4 juta ton. Berarti sebetulnya, Indonesia itu sudah mampu menghasilkan produksi 16 juta ton. Karena 12,8 juta ton dikali 4 juta ton,” ujar Sjarief usai menjadi pembicara di Seminar Nasional ‘Prospek Poros Maritim Dunia di Periode Kedua Jokowi’ di Hotel Le Meridien, Jakarta Pusat, Selasa (6/8/2019).

Menurut dia, saat ini, ekspor bukan hal prioritas, karena konsumsi ikan masyarakat juga tinggi.

Dibandingkan konsumsi daging sapi yang hanya 2,5 kilogram per orang per tahun, target konsumsi ikan di Indonesia per orang per tahunnya cukup besar.

Kendati demikian, Sjarief mengatakan, jumlah konsumsi ikan dalam negeri juga masih kalah dibandingkan negara lainnya yang menargetkan 70-80 kilogram per orang per tahun. Jepang bahkan menargetkan 100 kilogram per orang per tahun.

” Ikan kan pemasok protein terbesar untuk Indonesia, jadi kita harus pastikan bahwa perikanan ini tumbuh,” pungkas dia.

Categories: Zona Berita

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s