Zona Berita

Pemprov DKI Bantu JMUN Kenalkan Budaya Betawi ke kancah Internasional

ZONADAMAI.COM – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI mendukung acara Jakarta Model United Nationas (JMUN) 2019 yang diselenggarakan Indonesian Student Association for International Studies (ISAFIS).

Sokongan itu berupa memperkenalkan kebudayaan betawi kepada para peserta yang merupakan siswa SMA dan mahasiswa dari dalam dan luar negeri.

JMUN merupakan simulasi Sidang Umum PBB dimana para peserta akan mewakili delegasi negara-negara PBB untuk menghasilkan resolusi bagi perubahan dunia. Gelaran JMUN 2019 ini diadakan di Universitas Bakrie, pada tanggal 1-4 Agustus 2019.

Kabag Biro Pendidikan Mental dan Spiritual Provinsi DKI Jakarta, H Jafar Abdul Malik mengungkapkan bahwa Pemprov DKI selalu memberikan bantuan dalam aktivitas kepemudaan.

“Kami ingin memperkenalkan budaya betawi kepada para pemuda dan juga dunia internasional,” ujar Jafar saat pembukaan JMUN di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Kamis (1/8).

Peserta JMUN terdiri dari 37 tim yang terdiri dari siswa SMA dan mahasiswa Perguruan Tinggi dalam dan luar negeri di antaranya Universitas Bakrie sendiri, UI, UGM, ITB, Universiti Utara Malaysia, National University of Singapore, Tokyo International University.

“Jumlah delegasi yang hadir 130 orang. Dari tingkat SMA sampai Universitas. Mereka akan diberikan kesempatan untuk memberikan pandangan soal isu-isu global seperti kesenjangan kesejahteraan dan diskriminasi terhadap kalangan minoritas,” kata Ketua Panitia Dizza Aliftsa.

Dizza mengungkapkan, kegiatn JMUN merupakan sebuah acara tahunan yang diadakan ISAFIS semenjak tahun 2011.

Program ini mengajak dan melatih anak muda dari SMA sampai kuliah untuk mencari solusi yang dapat diaplikasikan kepada isu-isu internasional yang sedang. Para peserta akan melaksanakan debat dan beberapa rangkaian diskusi, sehingga mampu melatih kemampuan negosiasi dan diplomasi yang akan sangat berguna di masa yang akan mendatang.

“Konferensi simulasi sidang PBB Jakarta MUN 2019 akan dilaksanakan pada tanggal 1-4 Agustus 2019 di Universitas Bakrie, Kuningan,” tutupnya. (Asp)

Categories: Zona Berita

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s