Zona Berita

Memotong Pasokan Logistik Kelompok Radikal

ZONADAMAI.COM – Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) mengklaim telah efektif melakukan penanggulangan terorisme di Indonesia. Sekretaris Utama BNPT, Marsekal Muda TNI Adang Supriyadi menyebut hal ini sesuai dengan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2018 terkait pencegahan. Misalnya dengan memotong rantai distribusi logistik pada kelompok radikal.

“Kita punya tugas pencegahan. Yang pertama kesiapsiagaan. Kedua kontra radikalisasi, kontra radikalisasi adalah kontra narasi, kontra ideologi, dan kontra propaganda. Ketiga ada deredikalisasi. Ini sudah kita lakukan,” kata Adang saat ditemui di Hotel Gran Melia, Rabu malam, 31 Juli 2019.

Tugas pencegahan tersebut tidak hanya dilakukan kepada masyarakat yang diduga melakukan tindak pidana terorisme tetapi juga instansi pemerintah dan lembaga. Pihaknya mendapat tugas untuk hal ini agar memberikan penyuluhan di kantong-kantong kelompok yang terindikasi radikal.

“Alhamdulillah kita sudah mendapat perintah. Tahun 2018 kita telah mendapat perintah dua provinsi, Sulawesi Tengah dan NTB dan tahun 2019 ini kita mendapat provinsi Sulawesi Tengah, NTB, dan Jawa Timur,” sebut Andang.

Selain itu, BNPT juga mengajak mahasiswa di Tanah Air untuk lebih peka terhadap kemungkinan paparan radikalisme. Hal itu ditekankan karena organisasi-organisasi kemahasiswaan rentan disusupi paham radikalisme.

Di tempat yang sama, Komunitas Alumni Lintas Perguruan Tinggi (KAPT) dan BNPT dalam sebuah Forum Grup Diskusi (FGD) juga mengajak beberapa instansi pemerintah hingga perguruan tinggi untuk menangkal penyebaran radikalisme yang saat ini sulit dibendung.

Koordinator Nasional KAPT Ammarsjah mengatakan, kecepatan penyebaran radikalisme di Indonesia sulit dibendung. Tipikal gerakan radikalisme di Indonesia bersifat top down, dengan iming-iming masuk surga. Tipikal ini membuat jaringan radikalisme mampu berkembang dengan cepat.

“Karena itu, solusi utama yang dibutuhkan adalah pemerintah harus segera memotong logistik mereka, untuk merusak jaringan radikalisme ini,” kata Ammarsjah.

Categories: Zona Berita

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s