Zona Berita

Pemkab Diminta Aktif Atasi Stunting

ZONADAMAI.COM – Pemerintah Daerah Kabupaten Kotawaringin Barat harus aktif dalam mengatasi masalah stunting mengingat penanganan stunting ini menjadi gerakan dan program Nasional.

Hal itu di katakan Ketua DPRD Kobar Triyanto. Menurut Triyanto penanganan yang lebih efektif masalah stunting adalah keberadaan Puskesmas dan Puskesmas Pembantu (Pustu) sehingga Puskesmas menjadi ujung tombak dalam gerakan penanganan stunting ini.

” Pemkab kobar khususnya Dinas Kesehatan Kobar bsia lebih mengaktifkan lagi peranan dari Pustu dan Puskesmas untuk selalu melakukan Pemantauan perkembangan kesehatan masyarakat di sekitar wilayah kerja setiap Pustu atau Puskesmas, bahkan TP PKK juga bisa di libatkan, keberadaan mereka ini sebagai garda di depan dalam penanganan stunting, ” kata Triyanto,Senin (29/7/2019)

Dimana menurutnya juga Stunting dapat dicegah dengan memberikan pengetahuan yang cukup bagi pasangan keluarga tentang kebutuhan gizi dalam keluarga. Maka tugas promotif Puskesmas sebagai ujung tombak dan petugas kesehatan harus bisa berjalan dengan baik.

“Dinas selaku pimpinan harus mengawasi dan mensuport dalam kegiatan promotif Puskesmas atau Pustu karena penanganan stunting ini sudah menjadi salah satu gerakan bahkan program prioritas Nasional sehingga Pemerintah Pusat dan pemerintah daerah perlu terus mengedukuasi pentingnya perbaikan gizi, ” Ujar Triyanto.

Baca Juga:   H. Zulkifli Ibrahim: Pengembangan Objek Wisata Jangan Hanya Diprogramkan, Namun Harus Dilaksanakan

Selain perbaikan gizi kata Triyanto perlu juga di berikan edukasi pola hidup sehat dan penguatan layanan kesehatan dasar berkualitas dan pembangunan infrastruktur sanitasi dan air bersih di wilayah wilayah yang rentan munculnya gizi buruk.

“Ini kerja bersama guna menjamin kecukupan gizi baik bagi Balita dan ibu hamil dengan menggalakan program imunisasi dan pemberian makanan sehat dan Bergizi, mengingat Indonesia salah satu negara yang rawan hal itu tidak menuntut kemungkinan akan terjadi di Kobar”,pungkas Triyanto (man/beritasampit.co.id).

Categories: Zona Berita

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s