Zona Berita

Kemenag Bangka Sosialisasikan Cara Pencegahan Stunting ke Calon Pengantin

ZONADAMAI.COM – Pihak Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka, berjanji akan memaksimalkan membantu pemerintah daerah mencegah stunting kepada calon pengantin pada kegiatan kursus pernikahan dan saat acara pernikahan yang digelar di masyarakat.

“Dengan dasar kerja saja atau “Memorandum of Understanding” (MoU) dengan pemerintah daerah, kami akan memaksimalkan membantu pencegahan kasus itu melalui acara pernikahan,” kata Pelaksana harian Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Bangka, Syaiful Zohri di Sungailiat, Senin.

Teknis di lapangan kata dia, akan memberdayakan petugas di seluruh Kantor Urusan Agama (KUA) yang tersebar di delapan kecamatan dan petugas penyuluh lapangan.

“Dari petugas KUA maupun penyuluh lapangan, akan memberikan pembinaan atau pengarahan stunting dari aspek agama sehingga tidak merugikan bagi keluarga atau calon pengantin,” jelasnya.

Akses menyampaikan pencegahan stunting tersebut kata dia, disampaikan melalui dua kegiatan yakni, pada saat acara pernikahan dan saat kegiatan kursus pengantin yang sudah diselenggarakan setiap hari Selasa.

“Setiap hari Selasa kami menggelar kegiatan kursus pengantin, dimana calon pengantin diseluruh kabupaten dikumpulkan disalah satu tempat untuk diberikan pembinaan seperti berumah tangga dan masalah yang dapat terjadi di kemudian hari,” jelasnya.

Syaiful Zohri mengatakan, pada saat kegiatan kursus pengantin tersebut pihaknya juga melibatkan petugas dari dinas kesehatan untuk menyampaikan perihal kesehatan terutama kesehatan reproduksi bagi calon pengantin wanita.

“Calon pengantin yang tidak mengikuti kegiatan kursus itu tidak akan memperoleh sertifikat, dan yang bersangkutan tidak dapat melanjutkan pernikahan,” jelasnya.

Categories: Zona Berita

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s