Zona Berita

Hari Ini, Presiden Jokowi Dijadwalkan Kunjungi Danau Toba

ZONADAMAI.COM – Setelah mengunjungi Kawasan Wisata Bunaken dan Labuan Bajo, hari ini, Senin 29 Juli 2019, giliran Presiden Joko Widodo (Jokowi), dijadwalkan berkunjung ke Kawasan Wisata Danau Toba. Danau Toba termasuk Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) yang menjadi salah satu dari empat prioritas untuk dijadikan 10 Bali Baru.

Empat proyek prioritas tersebut merupakan bagian dari 10 destinasi wisata Bali Baru yang dikejar Jokowi. Selain Danau Toba, yang masuk dalam 10 Bali Baru adalah Labuan Bajo, Kuta Mandalika, Belitung, Kepulauan Seribu, Wakatobi, Tanjung Lesung, Morotai, Borobudur dan Bromo.

“Kita tahu Toba satu tempat yang begitu indah. Kita akan kembangkan sejumlah infrastruktur transportasi di sini, seperti di Pelabuhan Muara ini,” kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Ahad 28 Juli 2019.

Menhub Budi Karya tengah mempersiapkan kedatangan Presiden ke Danau Toba pada hari ini. Dalam kunjungannya ke Danau Toba, Menhub yang didampingi Dirjen Perhubungan Darat Budi Setiyadi dan jajaran lainnya juga melakukan tinjauan ke Pelabuhan Ambarita dan Ajibata, serta meninjau sejumlah destinasi wisata dengan menggunakan Kapal Dos Roha 05.

Saat meninjau Pelabuhan Muara di Danau Toba, Sumatera Utara, Menhub Budi Karya mengatakan, sebanyak 12 pelabuhan penyeberangan yang ada di kawasan Danau Toba akan dikembangkan yaitu Pelabuhan Balige, Muara, Ambarita, Ajibata, Simanindo, Tigaras, Sipinggan, Onanrunggu, Onanbaru, Neinggolan, Pakkara, dan Marbuntoruan.

Lebih lanjut Menhub mengungkapkan telah membangun lima kapal besar untuk melayani angkutan penyeberangan di Danau Toba. Satu di antaranya yaitu Kapal Motor Ihan Batak sudah siap digunakan setelah dua tahun proses pembangunan.
Namun begitu, Menhub mengatakan akan tetap memperhatikan kapal-kapal kecil milik masyarakat.

“Paling penting adalah kita memberikan prioritas kepada Danau Toba untuk menjadi Bali Baru. Kita lihat pembangunan sudah dua tahun ini kota lakukan. Kapal ikan Batak sudah siap dan kita akan koordinasi dengan fungsi yang lain. Kita harapkan 2020 sudah siap semua,” ungkap Menhub Budi Karya.

Menhub mengatakan pada tahun 2020, ditargetkan pengembangan sarana dan prasarana transportasi di Danau Toba sudah siap semuanya. Total investasi yang telah dikeluarkan sampai dengan tahun 2020 senilai Rp600 miliar.

Presiden Jokowi memang sedang mempercepat empat proyek destinasi pariwisata super prioritas sebagai salah satu alternatif utama mendatangkan devisa. Keempat proyek prioritas tersebut adalah Danau Toba, Mandalika, Borobudur, dan Labuan Bajo.

Categories: Zona Berita

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s