Zona Berita

Pemerintah Ingin UMKM Daerah Pasarkan Produk secara Digital

ZONADAMAI.COM – Pemerintah ingin para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di tingkat kabupaten mulai memasarkan penjualan produk secara digital. Sebab, digitalisasi bisa menambah nilai keekonomian dari produk tersebut.

Hal ini disampaikan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan HAM Wiranto yang mewakili Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam acara Apkasi Otonomi Expo 2019. Acara tersebut diselenggarakan oleh Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) setiap tahun.

Wiranto menjelaskan digitalisasi perlu digunakan karena bisa memunculkan variasi inovasi dan ide untuk mengembangkan produk. Selanjutnya, digitalisasi bisa membuat para pelaku UMKM mengadopsi teknologi yang tepat agar produksi lebih efisien.

“Sekarang kalau pemasaran tanpa pakai e-commerce atau digital, saya kira juga ketinggalan,” katanya saat membuka Apkasi Otonomi Expo 2019 di JCC, Senayan, Jakarta, Rabu (3/7).

Menurut dia, digitalisasi bisa membuat para pelaku UMKM berhasil memperluas penetrasi pasar. Nantinya, pasar yang digarap tidak hanya nasional, namun juga regional dan internasional.

Kendati begitu, ia menggarisbawahi bahwa para pelaku UMKM harus lebih dulu jeli melihat keunggulan produk dari daerah masing-masing. “Produk unggulannya apa, jangan semua produk ingin dikembangkan, tidak bisa,” katanya.

Selain itu, ia juga meminta para pelaku usaha untuk melakukan kolaborasi. Misalnya, pelaku usaha di satu daerah yang sama dari hulu sampai hilir bisa bekerja sama dalam memenuhi bahan baku hingga bisa menghasilkan produk jadi.

“Harus ada kolaborasi, bisa saling mengisi, saling belajar, saling kombinasikan kekhasan daerah itu, sehingga menjadi satu kutub nasional yang luar biasa,” jelasnya.

Di sisi lain, Wiranto juga menitip pesan kepada Apkasi agar bisa menjadi perpanjangan tangan pemerintah dalam mengembangkan potensi para pelaku usaha di tingkat kabupaten.

“Kenapa ada wadah Apkasi? Karena Apkasi ini yang akan membimbing para pengusaha lokal untuk bisa berkembang dengan baik,” tuturnya.

Ketua Umum Apkasi Mardani H. Maming mengaku siap meneruskan pesan dari pemerintah pusat agar asosiasinya bisa membina para UMKM di tingkat kabupaten agar lebih melek digitalisasi. Bahkan, ia mengatakan untuk mendukung hal ini, Apkasi juga telah berkomunikasi dengan Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) untuk ikut membina para UMKM di kabupaten.

“Saya sudah mengkonsepkan ada kerja sama Apkasi dengan Hipmi ke depan, sehingga ada kolaborasi antara pengusaha daerah dengan pemerintah yang ada di kabupaten,” katanya.

Dalam rangka kerja sama itu, maka Apkasi mengadakan pameran produk UMKM dari masing-masing kabupaten pada hari ini, Rabu (3/7) sampai Jumat (5/7) 2019. Pameran ini, katanya, bertujuan untuk turut mengenalkan berbagai produk unggulan dari UMKM di tingkat kabupaten. (uli/lav)

Categories: Zona Berita

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s