Zona Berita

Festival Gapura Cinta Negeri, Kompetisi Membangun Gapura Unik Berhadiah ‘Temu Presiden’

ZONADAMAI.COM – Memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 RI yang akan jatuh pada 17 Agustus mendatang, pemerintah akan menggelar kompetisi unjuk kreativitas bertajuk ‘Festival Gapura Cinta Negeri’.

Mengusung tema ‘Cinta Negeri’, festival yang digagas Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg), Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), dan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) tersebut dibuka mulai hari ini, Rabu, 17 Juli 2019 dan puncaknya pada 17 Agustus 2019.

Dalam konferensi pers pembukaan ‘Festival Gapura Cinta Negeri’, yang digelar di Gedung Kementerian Sekretariat Negara, Jakarta Pusat, Rabu (17/7/2019), Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengatakan festival ini sengaja digelar untuk merayakan keberagaman bangsa Indonesia.

Ia menjelaskan bahwa gapura yang dibangun oleh para peserta, nantinya akan menunjukkan ciri khas masing-masing, sesuai dengan keunggulan daerah mereka.

“Bangsa Indonesia adalah bangsa yang sangat beragam, gapura yang dibangun adalah bentuk kreativitas masyarakat dalam menonjolkan kekhasan daerahnya masing-masing,” ujar Tjahjo.

Melalui festival yang digelar selama satu bulan ini, Tjahjo pun berharap agar sikap saling menghargai keberagaman antar suku, agama dan golongan akan semakin tinggi.

“Saya berharap hal ini dapat meningkatkan semangat Bhineka Tunggal Ika dalam diri masyarakat Indonesia,” jelas Tjahjo.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Bekraf Triawan Munaf mengatakan bahwa fedtival ini akan memberikan dampak positif bagi masyarakat.

Hal itu karena mereka bisa menyalurkan kreativitas dalam berinovasi membuat gapura yang unik dan menarik.

“Festival ini memicu masyarakat untuk berinovasi dalam mengembangkan kreasinya,” kata Triawan.

Terkait proses penyeleksian, nantinya hasil karya gapura itu akan diseleksi oleh 80 panitia kurasi.

Para kurator ini kemudian menyeleksi karya menjadi 50 finalis untuk kategori Masyarakat Umum dan 10 finalis untuk kategori Lembaga, instansi, perusahaan maupun organisasi.

Setelah itu, karya 60 finalis tersebut akan dinilai oleh sederet nama penting yang didapuk menjadi Dewan Juri.

Mereka adalah Mensetneg Pratikno, Mendagri Tjahjo Kumolo, Kepala Bekraf Triawan Munaf, Koordinator Staf Khusus Presiden Teten Masduki, Conductor sekaligus Music Director Twilite Orchestra Addie MS, serta sejumlah nama lainnya.

Terkait penilaian, ada sejumlah kriteria yang akan menjadi pertimbangan, mulai dari keaslian ide, konsep yang meliputi nilai seni, estetika dan kreativitas visual, lalu kreativitas produksi, hingga semangat gotong royong dan kebersamaan.

Bagi para pemenang, ada 15 piala serta uang total senilai Rp 1 miliar yang bisa mereka bawa pulang.

Untuk pemenang gapura kategori umum, 10 pemenang akan memperoleh piala dan uang masing-masing sebesar Rp 50 juta.

Kemudian untuk gapura terbaik kategori masyarakat umum akan mendapatkan hadiah 1 piala bergilir, piagam dan hadiah uang sebesar Rp 250 juta.

Selanjutnya ada 3 piala dan piagam yang diberikan kepada 3 pemenang kategori Lembaga/Instansi/Perusahaan/Organisasi serta uang sebesar Rp 50 juta untuk masing-masing pemenang.

Lalu 1 piala, piagam serta uang sebesar Rp 100 juta untuk pemenang gapura favorit.

Bagi anda yang tertarik, anda bisa mengetahui terkait informasi lebih lanjut mengenai pendaftaran festival ini melalui http://www.gapuracintanegeri.com.

Bagi yang telah mendaftar, mereka diwajibkan untuk mengirimkan 10 foto yang terdiri dari 4 foto kemeriahan proses pembuatan gapura di lingkungan masing-masing, serta 6 foto gapura hasil karyanya.

Pendaftaran pun sudah mulai dibuka pada hari ini.

Menariknya, seorang pemenang dari kategori gapura terbaik yang dipilih dari 10 orang pemenang kategori umum, akan memperoleh ‘Piala Bergilir Presiden’.

Tidak lupa, setiap pemenang gapura ini akan diundang ke Jakarta untuk menerima penghargaan dan bertatap muka secara langsung dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Categories: Zona Berita

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s