Zona Berita

Visi Pembangunan SDM Kunci Kemajuan Bangsa

ZONADAMAI.COM – Pidato Presiden terpilih Joko Widodo dalam ‘Visi Indonesia’ dinilai menunjukkan adanya sense of direction bagi masa depan bangsa. Jokowi mampu menjawab berbagai tantangan kemajuan teknologi, dan kompetisi antarbangsa.

“Kesemuanya menyentuh aspek paling mendasar, pembangunan manusia Indonesia kunci seluruh gerak kemajuan,” kata Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto, di Jakarta, Senin, 15 Juli 2019.

Menurut Hasto, Jokowi berbicara jujur dengan melihat jernih tantangan yang akan dihadapi Indonesia. Jokowi juga menegaskan pentingnya pola pikir yang baru.

Jokowi, terangnya, juga menegaskan tak boleh ada pola pikir lama dalam menjalankan roda pemerintahan ke depan. Pemerintah juga tak boleh lagi bekerja yang sifatnya linier, rutinitas, monoton, atau berada di zona nyaman.

“Dan ketegasannya, bangsa Indonesia harus berubah, adaptif, produktif, lebih kreatif, dan kompetitif, menunjukkan kuatnya pemahaman terhadap sense of direction tersebut,” ungkapnya.

Hasto menilai Jokowi juga menunjukkan pemimpin harus kokoh dalam prinsip. Apalagi, berkaitan dengan Pancasila dan ke-Bhinnekaan.

Ia menekankan syarat persatuan Indonesia adalah Pancasila yang harus diimplementasikan dalam seluruh kehidupan berbangsa dan bernegara. Jokowi pun tegas tidak akan memberikan ruang kepada pihak-pihak yang ingin mengganggu Pancasila.

Menurut Hasto, ini menjadi panggilan bagi seluruh lembaga negara, penegak hukum, dan jajaran kementerian untuk menjalankan kebijakan yang ideologis tersebut.

“Di dalam Indonesia yang satu itulah, setiap warga negara Indonesia diperlakukan sama, setara, dan menjadi warga yang memiliki kesadaran untuk terus berjuang bagi kejayaan bangsanya,” pungkasnya.

Categories: Zona Berita

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s