Zona Berita

Pembangunan SDM, Jokowi: Ini Kunci Indonesia Ke Depan

ZONADAMAI.COM – Pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) menjadi satu dari lima visi yang dibacakan Presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi) dalam acara ‘Visi Indonesia’ sebagai gambaran kepemimpinannya pada lima tahun mendatang bersama Wakil Presiden terpilih Ma’ruf Amin.

Satu diantara lima visinya adalah bahwa ia menargetkan pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM).

Jokowi menilai, melalui pembangunan SDM, Indonesia bisa semakin diperhitungkan di masa mendatang.

“Pembangunan SDM, kita akan memberikan prioritas pembangunan kita pada pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM). Pembangunan SDM menjadi kunci Indonesia ke depan,” ujar Jokowi, dalam acara yang digelar di Sentul International Convention Center (SICC), Bogor, Jawa Barat, Minggu (14/7/2019) malam.

Jokowi pun akhirnya menyebutkan sejumlah faktor yang bisa menjadi awal dalam menjalankan program tersebut.

Mulai dari menjamin kesehatan ibu hamil hingga akhirnya anak tersebut dilahirkan dan memasuki sekolah.

“Titik dimulainya pembangunan SDM adalah dengan menjamin kesehatan ibu hamil, kesehatan bayi, kesehatan balita, kesehatan anak usia sekolah,” kata Jokowi.

Menurutnya, sejak usia kehamilan hingga anak itu dilahirkan merupakan momen yang istimewa dalam proses pembentukan ‘bibit unggul’ generasi masa depan.

Ia pun menyatakan harapannya bahwa dirinya tidak ingin adanya anak yang terhambat pertumbuhan tubuhnya (stunting).

Bahkan Jokowi berharap angka kematian ibu dan bayi bisa ditekan serendah mungkin.

“Ini merupakan umur emas untuk mencetak manusia Indonesia unggul ke depan, itu harus dijaga betul, jangan sampai ada stunting, kematian ibu, atau kematian bayi meningkat, tugas besar kita di situ,” jelas Jokowi.

Selain memikirkan tentang jaminan kesehatan ibu hamil hingga anak-anak, ia juga menyebut bahwa kualitas pendidikan juga akan menjadi fokus pemerintahannya ke depan.

Proses peningkatan tersebut dilakukan melalui sejumlah cara, yakni vocational school hingga membentuk lembaga yang bisa menaungi talenta generasi muda tanah air.

“Kualitas pendidikannya juga akan terus kita tingkatkan, bisa dipastikan pentingnya vocational training, pentingnya vocational school, kita juga akan membangun lembaga Manajemen Talenta Indonesia,” tegas Jokowi.

Ia berjanji, pemerintah akan mendukung secara penuh dalam peningkatan kualitas pendidikan itu.

Mulai dari pengidentifikasian hingga pengembangan talenta muda, “Pemerintah akan mengidentifikasi, memfasilitasi, serta memberikan dukungan pendidikan dan pengembangan diri bagi talenta-talenta Indonesia,”.

Pemerintah juga akan memberikan dukungan penuh terhadap mereka yang memiliki bakat besar namun bermukim di luar negeri (diaspora).

Hal itu agar para diaspora itu bisa memberikan sumbangsih mereka terhadap pembangunan di tanah air.

“Diaspora yang bertalenta tinggi harus kita berikan dukungan agar memberikan kontribusi besar bagi percepatan pembangunan Indonesia,” papar Jokowi.

Jokowi kembali menekankan bahwa pada kali kedua masa pemerintahannya, akan ada lembaga yang dibentuk khusus untuk menjadi wadah bagi mereka yang memiliki talenta mumpuni.

Melalui pengelolaan terhadap talenta itulah, diharapkan Indonesia bisa semakin mampu dalam bersaing dengan negara-negara lainnya.

“Kita akan menyiapkan lembaga khusus yang mengurus manajemen talenta ini, kita akan mengelola talenta-talenta hebat yang bisa membawa negara ini bersaing secara global,” pungkas Jokowi.

Selain terkait pembangunan SDM, ada 4 poin lainnya yang ia bacakan dalam pidato terkait visinya bersama Ma’ruf Amin, yakni melanjutkan pembangunan infrastruktur, peningkatan peluang investasi, Reformasi Birokrasi, serta penggunaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) tepat sasaran.

Categories: Zona Berita

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s