Zona Berita

Jokowi Akan Buka Pameran Kreatif Indonesia

ZONADAMAI.COM – Presiden Joko Widodo akan membuka pameran Karya Kreatif Indonesia 2019 di Jakarta Convention Center (JCC) pad hari ini. Pameran kreatif ini merupakan event yang digelar oleh Bank Indonesia bersama pihak lain seperti Badan Ekonomi Kreatif dan Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) untuk mendorong sektor UMKM agar go digital

Jumat (12/7/2019), dalam acara pameran itu akan dihadiri juga oleh Ibu Negara Iriana Joko Widodo. Selain itu juga hadir Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo, Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia Mirza Adityaswara, Ketua Umum Dekranas Mufidah Jusuf Kalla.

Sebagai informasi sebelumnya, Bank Indonesia (BI) menyiapkan “jamu manis” atau insentif bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di tengah potensi mahalnya biaya mengajukan pendanaan karena “jamu pahit” atau kenaikan suku bunga acuan Bank Sentral sebesar 100 basis poin tahun ini.

Kepala Departemen Pengembangan UMKM Bank Indonesia Yunita Resmi Sari mengungkapkan, bank sentral akan memperluas segmen niaga daring atau “e-commerce” untuk UMKM agar mereka terus berkembang dan juga memiliki perlindungan untuk karya cipta.

“Baik perlindungan terhadap hak cipta, sistem pembayarannya karena sistem pembayaran ada di bawah wewenang kami, serta proteksi terhadap akses keuangannya,” kata Yunita beberapa waktu lalu.

Hal ini merupakan salah satu insentif kebijakan agar UMKM di Indonesia bisa berkembang. Yunita mengatakan, insentif dari Bank Sentral ini juga sekaligus melengkapi insentif yang telah diberikan oleh pemerintah yakni pengurangan Pajak Penghasilan (PPh) final dari 1% menjadi 0,5% per 1 Juli 2018 untuk UMKM.

Categories: Zona Berita

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s