Zona Berita

PDIP: Rekonsiliasi Harga Mati

ZONADAMAI.COM – PDIP menghendaki rekonsiliasi menyeluruh pascapemilu. Politisi PDI Perjuangan Zuhairi Misrawi menyebut ‘rujuk’ diperlukan untuk mengawali pemerintahan presiden terpilih Joko Widodo di periode kedua.

“Rekonsiliasi kita sebagai bangsa. Karena peradaban bangsa adalah peradaban gotong-royong, persatuan,” ujar Zuhairi dalam diskusi di Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu, 6 Juli 2019.

Pihaknya mengapresiasi inisiatif dari berbagai elemen untuk terus membangun silaturahmi demi lepas dari seteru pilpres. Persatuan tak bisa dibangun saat ada pihak yang masih menyimpan dendam.

Menurut Zuhairi rekonsiliasi bukan pekerjaan Jokowi sendiri. Hal ini termasuk tanggung jawab semua partai politik yang berkontestasi di pemilihan umum.

“Jadi kita semua dari partai politik akan gagal kalau tidak mampu membangun rekonsiliasi dalam konteks bangsa,” kata dia.

Pun demikian, ia memandang rekonsiliasi tak terbatas di politik. Sebab dimensi perujukan itu menyeluruh ke semua aspek bangsa. Misalnya sosial dan aspek lain yang ikut menopang kemajuan Indonesia.

Dari rekonsiliasi ini ia yakin, kerja-kerja pemerintah selanjutnya akan lebih fokus dilakukan. Dari yang terdekat, misalnya pemilihan menteri, Jokowi dinilai tak akan terbebani.

Zuhairi mengatakan semua pihak bisa mendukung melalui posisi masing-masing. Baik koalisi dan oposisi, sama-sama mendukung berjalannya pemerintahan yang baik. Ini juga akan memudahkan Jokowi merealisasi gagasan menteri muda.

“Indonesia sekarang adalah Indonesia emas. Banyak orang baik. Saya kira figur sudah banyak Jokowi tinggal pilih,” pungkasnya.

Categories: Zona Berita

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s