Zona Berita

Pansel KPK Sowan ke Polri hingga Daerah untuk Jaring Capim

ZONADAMAI.COM – Panitia Seleksi Calon Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (Pansel Capim KPK) akan melakukan kunjungan ke KPK, Kepolisian, Kejaksaan Agung, hingga ke daerah dalam rangka penjaringan capim. Kunjungan itu akan dilakukan mulai besok, Rabu (12/6).

Anggota Pansel Capim KPK Al Araf mengatakan kunjungan ini dilakukan agar sosialisasi penjaringan capim benar-benar diketahui oleh berbagai instansi yang berpotensi menyumbangkan calon bos lembaga antirasuah di masa mendatang.

“Termasuk sosialisasi ke daerah, itu adalah prioritas pansel untuk menjemput bola ke daerah agar menemukan kandidat yang sesuai dengan kompetensi dan lainnya,” ungkapnya di Kementerian Sekretariat Negara, Jakarta, Selasa (11/6).

Rencananya, kunjungan KPK akan dilakukan besok pagi sekitar pukul 09.00 WIB. Setelah itu, sekitar pukul 11.00 WIB, Pansel Capim KPK akan bertandang ke Kejaksaan Agung.

Pada Rabu (13/6) pagi, giliran Pansel Capim KPK mendatangi Kepolisian. Setelah itu, Anggota Pansel Capim KPK Diani Sadia Wati mengatakan timnya akan bertolak ke berbagai daerah pada Rabu (19/6) mendatang.

“Kami akan ke Malang, Semarang, Bandung, Surabaya, Pontianak, Pekanbaru, dan Yogyakarta,” ucapnya menambahkan.

Di sela kunjungan ke KPK, Kapolri, dan Kejaksaan Agung serta daerah, Diani mengatakan timnya dijadwalkan bertemu dengan petinggi media massa cetak, radio, dan televisi.

Selain itu, Pansel Capim KPK juga akan bertemu dengan berbagai tokoh masyarakat hingga organisasi masyarakat. Namun, pertemuan itu baru akan dilakukan jelang akhir masa pendaftaran capim yang dilangsungkan mulai 17 Juni sampai 4 Juli mendatang.

“Kunjungan ini untuk mendapatkan input mengenai profil kepemimpinan KPK mendatang karena harus lebih baik dari sebelumnya,” jelasnya.

Lebih lanjut, Diani menekankan urutan kunjungan ke sejumlah instansi tersebut tidak berarti bila Pansel Capim KPK ingin menjaring capim lebih banyak dari masing-masing instansi.

“Kami sebetulnya menyurati semuanya bersamaan, tapi waktu (kunjungan) disesuaikan dengan para pimpinan lembaga. Kebetulan besok kami bisa ke KPK dulu, baru Kejaksaan, hingga Kepolisian,” terangnya.

Di luar ketiga instansi tersebut, Diani mengatakan Pansel Capim KPK juga akan berkunjung ke Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) dan Badan Intelejen Negara (BIN). “Tapi kami masih tunggu penjelasan dan tanggal kunjungan mereka. Kami masih koordinasi,” tutupnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menetapkan sembilan nama Pansel Capim KPK. Pansel Capim KPK 2019-2023 dipimpin Yenti Ganarsih. (uli/lav)

Categories: Zona Berita

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s