Zona Berita

Gus Sholah Sebut Rekonsiliasi Jokowi dan Prabowo Sangat Penting Pasca Pilpres

ZONADAMAI.COM – Rekonsiliasi antara kubu Capres-Cawapres Prabowo Subianto – Sandiaga Uno dengan Joko Widodo atau Jokowi – KH Maruf Amin merupakan hal penting usai penetapan Komisi Pemilihan Umum (KPU) terkait pemenang Pilpres 2019).

Rekonsiliasi perlu dilakukan guna mendinginkan suasana.

Sehingga situasi politik bisa berangsur-angsur pulih seperti sebelum pilpres.

Hal itu disampaikan Pondok Pesantren Tebuireng Jombang KH Salahudin Wahid (Gus Sholah) menyikapi langkah KPU yang Minggu (30/6/2019) secara resmi menetapkan paslon Jokowi-Ma’ruf Amin sebagai presiden dan wakil presiden terpilih.

“Rekonsiliasi itu pasti perlu, utamanya para pendukung dari kedua pihak. Semuanya perlu proses, perlu waktu. Namun dengan kemauan baik dari kedua pihak, hal itu bisa tercapai,” ujar Gus Sholah kepada TribunMadura, Senin (1/7/2019).

Gus Sholah juga mengharapkan pendukung kedua kubu agar bisa berangsur-angsur mengurangi ketegangan yang selama ini ada, baik melalui ucapan maupun di media sosial.

“Semoga kita semua bisa menahan diri dan mewujudkan keadaan yang baik, seperti sebelum pilpres,” imbau adik kandung mantan Presiden KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) ini.

Gus Sholah menyadari, pasti ada yang kecewa dengan putusan MK (Mahkamah Konstitusi) terkait sengketa Pilpres. Namun begitu, kekecewaan itu tidak perlu berlarut-larut.

Sedangkan pihak yang menang juga tidak perlu berlarut-larut dengan euforia kegembiraan.

“Memang tidak mudah bagi pendukung 02 (Prabowo-Sandiaga Uno). Tetapi putusan MK itu final dan mengikat,” kata Gus Sholah.

Gus Sholah juga berharap Prabowo-Sandi bisa menjadi oposisi yang loyal.

Yakni menyampaikan kritik dan usulan yang konstruktif.

“Sekali lagi, pemilihan presiden sudah berakhir. Jangan lagi ada ketegangan,” kata Gus Sholah.

Diketahui, MK sudah memutuskan secara bulat terkait sengketa Pilpres, Kamis (27/6/2019), dengan menolak seluruh gugatan yang diajukan pasangan Prabowo-Sandiaga Uno.

Selanjutnya pada Minggu (30/6/2019) KPU menetapkan Joko Widodo dan Ma’ruf Amin sebagai presiden dan wakil presiden terpilih.

Penetapan dilakukan melalui rapat pleno terbuka di kantor KPU, Jakarta.

Dengan demikian, Jokowi-Ma’ruf secara sah sebagai pasangan calon presiden dan wakil presiden terpilih periode 2019-2024.

Pasangan ini mendulang 85.607.362 suara atau 55,50% dari total suara sah nasional. Pelantikan akan dilangsungkan pada Oktober 2019. (Sutono)

Categories: Zona Berita

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s