Zona Berita

Pasca-Putusan MK, Tidak Ada Lagi 01 dan 02, yang Ada Persatuan Indonesia

ZONADAMAI.COM – Koordinator Forum Pesantren Jaga NKRI, KH. Ali Syibromalisi menilai proses sidang MK berlangsung dengan adil dan sangat terbuka.

Keputusan MK bersifat final dan mengikat. Dia menghimbau kepada seluruh masyarakat agar menghormati keputusan Sidang MK tersebut.

Oleh karena itu Forum Ponpes, menurutnya, menolak segala bentuk gerakan massa dan meminta agar semua pihak, mematuhi keputusan MK dengan sepenuhnya dan mengupayakan kembali mempekuat ukhuwwah (persaudaraan) dan persatuan Indonesia.

KH. Ali mengapresiasi pidato Joko Widodo dan KH. Ma’ruf Amin yang mengajak seluruh masyarakat Indonesia kembali bersatu dan mempererat persaudaraan dan persatuan bangsa.

“Sungguh tepat apa yang dikatan Pak Jokowi tadi malam. Tidak ada lagi 01 atau 02, yang ada hanya persatuan Indonesia. Bersama-sama membangun Indonesia dan memajukan Indonesia,” kata KH. Ali.

Sementara KH. Syamsuddin Pimpinan Ponpes Riyadul Athfal, Bogor mengapresiasi pidato Prabowo Subianto yang menegaskan tetap tenang, damai, anti kekerasan dan setia pada UUD 1945.

“Saya kira pidato Pak Prabowo bagus sekali bikin adem, dapat meredam kekecewaan pendukungngnya. Permintaan beliau yang yang harus saling menghormati antar sesama anak bangsa sebagai saudara-saudara kita sendiri,” kata KH. Syamsuddin.

Selain mengapresiasi pernyataan Prabowo Subianto, Forum Pesantren juga mengapresiai langkah Polri menjaga keamanan yang didukung sepenuhnya oleh TNI dari masa persiapan pemilu, masa kampanye hingga pengamanan pasca pemilu.

“Kami menyambut baik ajakan Kapolri untuk kembali bersatu, merajut lagi tali-tali persaudaraan dan persatuan. Terima kasih juga kami ucapkan kepada Polri menjaga keamanan yang didukung sepenuhnya oleh TNI,” ujar KH. Dadi Suhrowardi.

Pengasuh Ponpes Al-Hidayah tersebut mengingatkan kelompok-kelompok manapun untuk tidak memaksakan kehendak. Menolak gerakan memakai jargon-jargon agama untuk melegitimasi gerakan inkonstitusional. “Semua pihak harus menghormati putusan MK ini.”

Categories: Zona Berita

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s