Zona Berita

Demokrat Sebut Putusan MK Final dan Mengikat, Tak Ada Jalur Hukum Lain

ZONADAMAI.COM – Calon presiden (capres) 02 Prabowo Subianto disebut tidak pernah menyebut akan melalukan upaya hukum lain setelah gugatan terkait hasil Pilpres 2019 ditolak Mahkamah Konstitusi (MK). Prabowo hanya menyebut ingin berkonsultasi dengan tim hukum.

“Setelah selesai tadi malam, kan, tim hukum belum sampai (bertemu Prabowo). Tapi kan beliau harus buat pidato. Beliau sampaikan, nanti bertanya ke tim hukum, apakah mungkin masih ada lagi upaya hukum,” kata Sekretaris Jenderal Partai Demokrat (PD) Hinca IP Pandjaitan.

Hal itu disampaikan Hinca di kediaman Prabowo, Jalan Kertanegara 4, Jakarta, Jumat (28/6/2019).

“Kalau dilihat dari sisi hukum tata negara kita, sistem pemilu kita, tentu putusan MK itu final and binding (final dan mengikat),” tegas Hinca.

Disinggung mengenai langkah hukum lain itu yaitu ke Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP), menurut Hinca, tetap tidak mungkin. “Kan enggak mengubah hasil. Kalau upaya hukum ke DKPP kan etika penyelenggara, tapi sama sekali enggak ubah hasil,” ucap Hinca.

Hinca pun menyebut, “Pasangan Prabowo-Sandi menyerahkan ke tim hukum. Karena ini teknis hukum. Dari sisi pemilu sudah selesai. Bahwa itulah hasilnya dari MK dan itu kita harus terima secara bijaksana.”

Sebelumnya, Prabowo menyatakan menghormati putusan MK. Meski begitu, Prabowo akan segera berkonsultasi mencari langkah hukum lain yang bisa ditempuh sesuai konstitusi.

“Kami akan segara konsultasi dengan tim hukum untuk minta saran dan pendapat apakah masih ada langkah hukum dan konstitusional lain yang mungkin bisa ditempuh,” ungkap Prabowo dalam jumpa pers, Kamis (27/6/2019).

Categories: Zona Berita

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s