Zona Berita

Posisi Ma’ruf Amin di Bank Disoal, TKN: Salah Alamat, Salah Tempat!

ZONADAMAI.COM – Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma’ruf Amin mengamini pernyataan KPU yang menyebut seluruh paslon telah memenuhi syarat sebagai calon presiden dan wakil presiden. TKN menjelaskan dokumen pencalonan Ma’ruf maupun Jokowi telah melalui verifikasi.

“Ya tentu (memenuhi syarat), karena apa? Karena kan ketika pasangan calon presiden dan wakil presiden, baik Pak Jokowi dengan Pak Kiai Ma’ruf Amin, maupun Pak Prabowo dengan Pak Sandi itu begitu mendaftar kan kemudian semua dokumen kelengkapan diverifikasi,” kata Wakil Ketua TKN Jokowi-Ma’ruf, Arsul Sani di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (11/3/2019).

“Tidak hanya dokumen yang diajukan saja, tetapi juga informasi dari berbagai sumber juga dilakukan pencariannya. Kan tidak ada masalah pada waktu itu. Karena semua orang itu paham,” imbuhnya.

Arsul pun meminta polemik soal posisi Ma’ruf di Bank Syariah Mandiri (BSM) dan BNI Syariah tidak perlu dipermasalahkan lagi. Menurutnya, mengungkit persoalan posisi Ma’ruf sebagai Dewan Pengawas di dua bank syariah dalam argumen di Mahkamah Konstitusi (MK) merupakan tindakan yang salah alamat.

“Kalau yang soal memenuhi syarat atau tidak seorang itu calon presiden atau wakil presiden itu dulu waktu masa pencalonan. Harusnya dipersoalkan pada saat sebelum pilpresnya dilaksanakan. Ya itu jelas salah alamat, salah tempat, dan salah waktu, tiga-tiganya,” ujar Arsul.

Seperti diketahui, sebelumnya tim hukum Prabowo-Sandi yang dikomandoi Bambang Widjajanto (BW) mengungkit status KH Ma’ruf Amin di dua bank syariah itu. Hal itu kemudian dijadikan sebagai alasan untuk meminta MK agar mendiskualifikasi Ma’ruf Amin.

KPU pun telah angkat bicara terkait persoalan itu. KPU mengatakan seluruh paslon telah memenuhi syarat sebagai calon.

“Prinsipnya, KPU telah bekerja cermat memeriksa persyaratan paslon, hasilnya semua paslon memenuhi syarat sebagaimana diatur dalam peraturan perundang-undangan,” ujar komisioner KPU Wahyu Setiawan saat dihubungi, Selasa (11/6).

Categories: Zona Berita

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s