Zona Berita

Jaga Netralitas, Hakim MK Tak Akan Temui Paslon yang Ajukan Gugatan

ZONADAMAI.COM – Paslon capres-cawapres yang bertarung di Pilpres 2019 masih memiliki waktu untuk melayangkan gugatan sengketa pemilu ke Mahkamah Konstitusi (MK) hingga malam ini. Nantinya, MK memutuskan, panitera yang akan menerima laporan paslon 02 Prabowo-Sandi.

“Kami baru saja rapat di atas, yang akan menerima nanti kalau ada ya, kalau ada yang menerima nanti kalau ada langsung panitera,” ujar Wakil Ketua MK Aswanto di gedung MK, Jumat (24/5).

Dia menjelaskan seluruh hakim setuju tidak turun dan menerima langsung gugatan Prabowo-Sandi. Lantaran, MK menghindari adanya kesalahpahaman jika hakim yang menerima langsung paslon yang hadir.

“Kemudian kita sepakat hakim tidak boleh hadir karena khawatir, jangan sampai ada gestur yang dipelintir. Jadi tidak ada hakim yang hadir, karena kan di luar sudah ada isu yang berkembang hakimnya ada kampret, ada cebong. Kita khawatir nanti kalau kita hadir nanti, wah ini kampret, ini cebong,” ujar Aswanto.

Namun, ia menegaskan semua hakim akan turun tangan dalam sidang sengketa pilpres. Semua hakim nantinya akan diberi kebebasan untuk menggali informasi dari persidangan untuk menentukan keputusan akhir.

“Semua (hakim). Jadi pilpres dipimpin Ketua Mahkamah, kemudian anggota pleno 8 hakim lain. Semua akan menangani dan semua hakim diberikan kebebasan menggali apa yang ingin dia peroleh dari ahli dari saksi,” tuturnya.

Terkait isu adanya aksi, Aswanto menegaskan hakim tak akan terpengaruh. Dia menyarankan agar pihak pemohon untuk menyiapkan bukti yang kuat.

“Kalau kita sebenarnya berharap tidak perlu ada pengerahan massa, karena kita yakin seyakin-yakinnya, hakim tidak akan terpengaruh dengan pengerahan massa. Lebih bagus mereka konsentrasi menyiapkan bukti-bukti karena yang menjadi dasar MK dalam memutus nanti adalah apa yang didalihkan harus dibuktikan,” terangnya.

Waktu pendaftaran gugatan sengketa Pilpres 2019 ke MK akan ditutup pada Jumat pukul 24.00 WIB. Sementara, kubu paslon 02 berencana mengajukan gugatan ke MK pada pukul 20.30 WIB.

Categories: Zona Berita

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s