Zona Berita

Duta Besar Australia untuk Indonesia Apresiasi Jalannya Pemilu 2019

ZONADAMAI.COM – Pada 17 April 2019 kemarin, rakyat Indonesia melakukan pemilihan umum (pemilu) serentak untuk memilih presiden dan wakil presiden, serta anggota legislatif seperti Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Dewan Perwakilan Daerah (DPD), dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD).

Tak hanya WNI yang berada di Tanah Air, pemilu juga dilangsungkan di luar negeri meski tanggalnya didahulukan, yakni 8 sampai 14 April 2019. Pesta demokrasi ini juga mendapat sorotan dari para duta besar negara sahabat, salah satunya ialah Gary Quinllan, dubes Australia untuk Indonesia.

Mantan Perwakilan Permanen Australia untuk PBB tersebut memberikan ucapan selamat, melalui akun Twitter resminya, terhadap peneyelenggaraan pemilu Indonesia yang menurutnya berjalan sukses dan damai.

Selain itu, ia pun menyampaikan kegaguman warga Australia terhadap jalannya proses pemilu, yang baginya pemilu di Indonesia merupakan pencapaian demokrasi.

22 TPS di Melbourne Menangkan Jokowi – Ma’ruf

Sementara itu, total 22 TPSLN di KJRI Melbourne, Australia telah selesai melakukan penghitungan suara pemilihan presiden dan wakil presiden, dengan pasangan 01, Joko Widodo – Ma’ruf Amin memenangi mayoritas perolehan suara.

Sebelumnya, pemungutan suara dilaksanakan serentak pada 22 (dua puluh dua) TPSLN yang berada di area KJRI Melbourne, 72 Queens Road, Melbourne pada 13 April 2019.

Hingga pukul 09.30 malam waktu Melbourne pada 17 April, pasangan 01 Joko Widodo – Ma’ruf Amin memperoleh suara 6.963, demikian seperti dilansir ABC Indonesia, Rabu 17 April 2019.

Sementara pasangan 02 Prabowo Subianto – Sandiaga Uno meraih 863 suara dan 120 surat suara dinyatakan tidak sah.

Masih ada 1 TPS lagi yang belum dihitung, yakni suara dari para pemilih yang mencoblos lewat pos (TPS Pos) yang masih dalam proses perhitungan, dengan perkiraan suaranya mencapai 800 orang.

Sebelumnya, Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) di Melbourne mengatakan jumlah pemilih tetap di Melbourne yang sudah ditetapkan adalah 13.429 orang dan hanya 61 persen yang menggunakan hak pilihnya.

Suara untuk pasangan 01 unggul signifikan dibandingkan suara 02 di hampir semua TPS KJRI Melbourne, dengan hasil sementara bisa dikatakan lebih dari 80 persen warga yang datang mencoblos telah memilih Joko Widodo dan Ma’ruf Amin.

Categories: Zona Berita

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s