Zona Berita

Disemprot Menhub, Anies Ralat Pernyataan Soal Tudingan Proyek LRT Penyebab Banjir

ZONADAMAI.COM – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meluruskan pernyataanya yang menuding proyek Light Rail Transit (LRT) sebagai biang kerok banjir di beberapa titik di kawasan Jakarta seperti di bawah jalan layang Pancoran dan Kawasan Cawang yang baru – baru ini terjadi.

Anies mengatakan bahwa penyebab banjir di kawasan ini bukan dipicu oleh mega proyek ini.  Namun banjir disebabkan minimnya pompa air yang disediakan kontraktor sehingga genangan air terjadi berjam – jam lamanya.

Pernyataaan Anies ini disampaikan menanggapi Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi yang meminta Anies memberikan bukti – bukti bahwa banjir di dua kawasan ini terjadi lantaran pembangunan proyek LRT sebagaimana yang disampaikan Anies sewaktu melakukan inspeksi proyek LRT di kawasan Pancoran dan Becak Kayu pada Kamis (4/4/2019).

“Ini tuh persoalannya bukan LRTnya, tapi persoalannya adalah kurang pompa. Karena pompanya kurang maka terjadi banjir, yang kurang menyediakan pompa adalah pihak kontraktor LRT,” kata Anies saat ditemui di kawasan Rasuna Siad Kuningan Jakarta Selatan Selasa (9/4/2019).

Anies lalu mengimbau kepada media agar tak mengadu domba pihaknya dengan pemerintah pusat. Sebab pembangunan LRT adalah proyek yang dikerjakan Pemerintah Pusat dengan Pemda DKI Jakarta.

“Jadi teman-teman juga jangan nanyain ke pihak lain untuk mengadu domba, bukan (LRT yang salah) pompanya kurang. Jadi pompanya harus diberesin, bukan LRTnya,” tegasnya.

Sebelumnya Anies melakukan inspeksi pembangunan LRT di kawasan Pancoran dan Cawang pada Kamis (4/4/2019).

Anies sempat geram ketika melihat langsung kondisi pengerjaan proyek ini. Dia menyebut banyak tiang beton penyangga jalan layang jalur LRT didirikan di atas saluran air dan minimnya pompa sehingga menyebakan banjir di kawasan ini.

Dia juga sempat mengkritisi bila penyedotan genangan air di kawasan banjir ini menggunakan pompa mobile maka penanganannya lambat.

Anies sendiri menghendaki agar kontraktor itu memasang pompa permanen bukan pompa mobile.

Pernyataan Anies yang seolah – olah menyalahkan proyek LRT ini mendapat tanggapan dari pemerintah pusat.

Selain Menko Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi juga turut terusik dengan pernyatan mantan menteri pendidikan dan kebudayan ini.

Budi Karya meminta Anies memberikan bukti-bukti terkait bahwa proyek LRT Jabodebek jadi biang kerok banjir.

“Mungkin saya minta pak gubernur itu meneliti lebih jauh ya, kalau berstatement itu kan ada buktinya,” kata Budi Karya di Kantor PT IPC, Tanjung Priok, Jakarta, Minggu (7/4/2019).[]

Categories: Zona Berita

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s