Zona Berita

Pola Terstruktur Pada Penyebaran Hoax di Indonesia

ZONADAMAI.COM – Sesuatu informasi kebohongan atau hoax yang disampaikan diulang dan terus menerus maka akan menjadi kebenaran.

Jika sudah menjadi ‘kebenaran’ maka informasi itu disebar di ruang public dan itu terjadi sekarang ini di Indonesia.

Ini benang merah diskusi Media & Industri 4.0  bertema Memanfaatkan Digital Sebagai Media Berkarya dan Menangkal Hoaks” yang digagas Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah di Auditorium KHA Dahlan PP Muhammadiyah, Kamis (28/3/2019).

Pembicara kunci, Budiman Sudjatmiko mengatakan, saat ini penyebaran informasi menyesatkan atau hoaks cenderung memiliki pola yang terstruktur.

“Hoax dihadirkan secara diulang-ulang sehingga mampu mengaduk-aduk emosi dan kepercayaan seseorang,” kata anggota Komisi II DPR RI .

Sekarang ini, hoax dihadirkan untuk  tujuan tertentu dan didesain dengan menggabungkan kecanggihan teknologi informasi dengan psikologi.

Hans Itta dari Cyber Bareskrim Polri Hans Itta menyatakan, suatu hoaks atau informasi itu dianggap kebenaran terutama pengelolaan opini itu yang terjadi saat ini. Jika orang berbicara 4.0 saat ini bagi Hans itu sudah ketinggalan dan Bareskrim lebih maju dengan memulai 4.1.1.

“Jadi bukan hanya informasinya yang sepi tapi bagaimana informasi itu dipergunakan untuk pengelolaannya opini, siapa yang mengelola opini, siapa yang mengusai opini, dialah yang menguasai medsos,” ujar Hans.

Ketua DPP IMM Ary Sudanto justru melihat tidak semua kemajuan teknologi informasi berdampak buruk terhadap penggunanya, tapi juga bermanfaat bagi masyarakat.

“Bahkan kemajuan itu dimanfaatkan menjadi bisnis yang bisa mendatangkan keuntungan dan membuka lapangan kerja baru,” katany.

Categories: Zona Berita

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s