Zona Berita

Kampanye Cirebon, Jokowi Yakin Akan Menang Tebal

ZONADAMAI.COM – Kampanye di Kabupaten Cirebon, calon presiden Joko Widodo menargetkan akan menang tebal. Di pantai utara Jawa Barat seperti Cirebon dan Indramayu, Jokowi optimistis menang 75 persen.

“Bila melihat perolehan suara Pilpres 2014 lalu, suara mencapai 62 persen. Tahun 2019, saya optimistis bisa meraih target sampai 75 persen,”tutur Jokowi di hadapan massa peserta kampanye di lapangan Desa Gebang Mekar, Kecamatan Gebang, Kabupaten Cirebon, Jumat 5 April 2019.

Kedatangan Jokowi di perkampungan nelayan pantura itu disambut antusias. Massa tampak menyemut dari mulai Pasar Gebang hingga sejauh dua kilometer menuju lapangan Gebang Mekar yang letaknya di pesisir pantai Laut Jawa.

Jokowi naik ke panggung utama pukul 9.15. Namun, massa dengan berbagai macam atribut partai pendukung maupun relawan sudah memadati lokasi sejak pukul 7.00.

Sebelum memasuki lapangan tempat panggung utama berada, Jokowi bersama Iriana Joko Widodo turun dari mobil. Keduanya lalu menaiki becak sejauh 150 meter menuju panggung utama dengan pengawalan ketat.

Sepanjang jalan, massa berebut untuk bisa menyalami Jokowi yang memakai pakaian khas kemeja putih dengan lengan dilipat maupun Iriana Joko Widodo.

Di panggung utama, Jokowi dan Iriana Joko Widodo disambut sejumlah tokoh yang sudah terlebih dahulu menunggu di panggung utama.

Tampak Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Megawati Soekarnoputri bersama Puan Maharani, Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Erick Thohir, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, tokoh masyarakat Gebang Rokhmin Dahuri, sesepuh Partai Golkar Agung Laksono, Ketua Partai Nasdem Enggartiasto Lukito, serta para petinggi partai dan calon legislatif dari partai koalisi Indonesia Maju.

Tunjukkan tiga kartu sakti

Dalam orasinya, selain menargetkan menang tebal di Cirebon dan Indramayu, Jokowi juga memamerkan tiga kartu sakti yang akan dikeluarkan jika dia terpilih menjadi presiden untuk periode kedua.

Masing-masing kartu itu adalah Kartu Sembako Murah (KSM), Kartu Pra Kerja (KPK) dan Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-K).

“Kartu ini akan kami bagikan pada periode kedua. KSM untuk para ibu supaya dapat potongan harga saat beli sembako, KPK untuk mereka yang belum bekerja agar dibekali ketrampilan, serta KIP-K untuk lulusan SMA yang meneruskan kuliah,” tutur Jokowi.

Pada kesempatan itu, Jokowi juga mengingatkan agar para pendukungnya mulai berani melawan hoak.

Mendekati hari pemungutan suara, hoaks semakin massif. Karenanya, seluruh pendukung harus berani secara aktif membantah dan menjelaskan kepada masyarakat fakta sebenarnya.

“Saya juga mengajak, nanti tanggal 17 April, ramai-ramai datang ke TPS. Ajak keluarga, teman, saudara dan tetangga. Coblos capres-cawapres nomor 01. Jangan lupa, ramai-ramai memakai baju putih, soalnya yang harus dicoblos itu yang memakai baju putih,” ujar Jokowi.

Di Cirebon, usai kampanye di lapangan Gebang Mekar, Jokowi salat Jumat di Masjid Agung Plered kemudian mengakhiri rangkaian acara dengan berkunjung ke pusat industri rumahan rotan di Tegalwangi dan melanjutkan perjalanan ke Indramayu.

Categories: Zona Berita

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s