Zona Berita

MUI Sarankan Rakyat Indonesia Untuk Tidak Golput

ZONADAMAI.COM – Ketua Dewan Pertimbangan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Prof. Muhammad Sirajuddin Syamsuddin alias Din Syamsuddin menyerukan kepada masyarakat Indonesia terutama umat Islam untuk menggunakan hak pilihnya di Pemilu 17 April 2019 mendatang.

Menurut Din, turut serta dalam proses Pemilu dengan menggunakan hak pilihnya merupakan perwujudan tanggung jawab terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Menggunakan hak pilih itu menunaikan kewajiban kebangsaan dan keagamaan secara sekaligus,” kata Din di kantor MUI Pusat, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (27/3/2019).

Sementara terkait dengan fatwa haram golput oleh MUI yang tengah ramai diperbincangkan orang itu, Din menyebutkan bahwa fatwa tersebut bukan baru ini muncul, bahkan sudah sejak tahun 2009 dimana saat itu ada Ijtima 1 Ulama Komisi Fatwa MUI III di Padang Panjang, Sumatera Barat.

Dalam ijtima 1 ulama oleh Komisi Fatwa MUI tersebut, lahir beberapa butir fatwa, dimana pada butir kedua fatwa tersebut terdapat klausul ‘memilih pemimpin menjadi kewajiban untuk menegakkan imamah dan imarah dalam kehidupan bersama’.

Merujuk pada peristiwa itu pula, Din menyatakan bahwa memilih dalam proses pemilu yang digelar oleh negara untuk menentukan pemimpin adalah sesuatu yang wajib bagi seluruh rakyat Indonesia yang sudah mendapatkan hak untuk memilih sesuai dengan Undang-undang.

“Karena memilih pemimpin termasuk kewajiban kebangsaan dan keagamaan. Hukumnya wajib menurut syariat,” terang Din.

Maka dari itu, Din pun meminta kepada seluruh rakyat Indonesia yang sudah memiliki hak suara agar datang ke TPS pada tanggal 17 April 2019 nanti dan ikut menyalurkan hak suaranya.

“Kesimpulannya jangan golput. Jangan memilih untuk tidak memilih,” tegasnya.

Selain itu, Din mengaku prihatin dengan kehidupan berbangsa dan bernegara saat ini di tahun politik. Terdapat perselisihan dan perseteruan yang tajam yang jika tidak dikelola dengan baik dapat membawa pada perpecahan.

Melihat situasi bangsa yang semacam itu, mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah ini pun menyerukan kepada seluruh stakeholder yang ada, untuk menjaga dan ikut mewujudkan proses pemilu yang damai, beradab dan bermartabat.

“Maka Watim MUI mendorong terselenggaranya pemilu yang damai, berkualitas, berkeadilan, berkeadaban,” pungkasnya.

Categories: Zona Berita

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s