Zona Berita

Menhan: Pilpres Bukan Perang, Jangan Terpecah Belah

ZONADAMAI.COM – Menteri Pertahanan (Menhan) Ryamizard Ryacudu melempar pernyataan keras. Ia merasa persatuan sedang diuji.

Oleh karena itu, Menhan lalu mengingatkan pihak yang menganggap Pilpres 2019 seperti sebuah perang. Dukungan terhadap calon presiden (capres) jangan membuat permusuhan.

“Saya tidak setuju yang kemarin itu, ada mendukung nomor satu, nomor dua, kayak mau perang saudara. Itu nggak benar,” kata Ryamizard, Rabu (27/2/2019), di Golden Boutique Hotel, Gunung Sahari, Jakarta Pusat.

Menhan menyebut, siapa pun yang memenangi Pilpres 2019 merupakan hasil pilihan rakyat.

“Yang penting, siapa pun jadi presiden kan sama juga dipilih rakyatnya juga dua-duanya. Kok pakai perang-perangan segala,” kata mantan Kepala Staf TNI Angkatan Darat itu.

Dia berharap masyarakat tak terpecah belah menjelang pencoblosan pemilu pada 17 April. Persaudaraan, kata Ryamizard, harus tetap dijaga.

“Nggak boleh masalah politik, masalah hukum memutus silaturahim. Jadi jangan sampai dengan pemilu ini kita memutus silaturahmi, tidak boleh,” tegas Ryamizard.

Sedang Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto mengaku kerap ditanya oleh para pengusaha soal keamanan di Indonesia terkait digelarnya Pemilu Serentak 2019. Bahkan ada yang menyebut akan ada kerusuhan saat pemilu.

“Saya sering ditanya oleh teman pengusaha, terutama, menanyakan kepada saya, ‘Pak, apakah betul pemilu nanti April aman?’ Loh kenapa? ‘Karena ada berita isu bahwa pemilu nanti tidak aman,” kata Wiranto soal kekuatiran sejumlah pihak terkait pemilu 2019.

“Pemilu nanti akan ada suatu kerusuhan yang membuat pemilu tidak aman,” aku Wiranto meniru suara sebagian pengusaha itu. “Ini isu, dan saya katakan tidak. Pemilu itu aman,” ujar Wiranto di Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat.

Si pengusaha, kata Wiranto, mengaku ada temannya yang siap kabur dari Indonesia karena kuatir  pemilu rusuh. Wiranto menegaskan hal tersebut hoax.

“Saya tanya, ‘Lalu kenapa ?’ ‘Karena banyak temen-temen yang percaya isu kemudian siap-siap untuk kabur, sudah beli tiket kemudian sudah siap-siap ke luar negeri karena takut pemilu rusuh.’ Ini saya katakan hoax. Ini usaha mengacau pemilu,” ujar mantan Menhankam/Panglima ABRI itu.

Wiranto sudah berkoordinasi dengan pihak terkait untuk memastikan pemilu berjalan aman. Polri atau Bawaslu juga sudah membuat indeks kerawanan pemilu.

“Saya selalu melakukan satu koordinasi dengan Kapolri dibantu TNI dengan KPU dan Bawaslu. Kita selalu mengadakan rapat koordinasi, untuk memastikan Pemilu 17 April 2019 itu aman,” kata Wiranto.

Prabowo Subianto mengatakan, para elite di Jakarta akan membagi-bagikan uang menjelang Pilpres 17 April 2019. Wiranto  minta Prabowo menunjuk elite yang dimaksud.

“Akan bagi-bagi duit buktinya apa? Tunjukkan. Pak Prabowo mengatakan nanti elite-elite politik akan bagi duit. Elite politik itu siapa? Tunjuk. Zaman sekarang nggak bisa membabi-buta seperti itu,” ujar Wiranto.

“Nanti elitenya siapa akan saya tindak tegas dengan hukum yang berlaku. Lewat kepolisian, lewat Bawaslu, ada salurannya,” katanya.

Wiranto meminta jangan sampai ada tokoh atau masyarakat yang membuat pernyataan yang bersifat menimbulkan ketakutan.

“Jangan sampai menimbulkan kekacauan dengan pernyataan-pernyataan yang sifatnya mengancam dan membuat ketakutan,” katanya.

“Itu tidak betul. Saya luruskan bahwa tugas kita bersama untuk Pemilu itu aman, Pemilu damai, Pemilu bermartabat. Itu tugas kita bersama,” ujar Wiranto.

Prabowo sebelumnya menyebut para elite di Jakarta sudah kehilangan akal sehat. Bahkan dia menyatakan para elite tersebut akan membagi-bagikan uang menjelang Pilpres 17 April 2019.

“Saya selalu katakan, elite yang ada di Jakarta itu sudah kehilangan akal sehat. Yang ada di mereka adalah keinginan mengakal-akali rakyatnya sendiri. Mereka memandang rakyat Indonesia bodoh, bisa dibohongi,” kata Prabowo dalam pidatonya di GOR Kesenian Majapahit, Jalan Gajah Mada, Kota Mojokerto, Minggu (24/2/2019).

“Nanti, menjelang tanggal 17, mereka sudah punya niat bagi-bagi uang, bagi-bagi sembako, bagi-bagi ini, bagi-bagi itu. Saudara-saudara sekalian, itu uang rakyat Indonesia sendiri,” sambungnya.

Categories: Zona Berita

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s