Zona Berita

PSI: Ide rumah Kerja Bukanlah Hal Baru

ZONADAMAI.COM – Politisi dari Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Tsamara Amany Alatas berpendapat, jika program link and match yang ditawarkan calon wakil presiden penantang Sandiaga Salahuddin Uno, merupakan ide contekan yang sebelumnya pernah digagaskan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan sudah diterapkan oleh pemerintah.

“Ide Pak Sandi Uno soal link & match dunia pendidikan & dunia kerja bukan hal baru. Jauh sebelum itu, Pak Jokowi pernah berbicara tentang bagaimana dunia pendidikan harus bisa tingkatkan potensi lokal (cth: fakultas kopi) meski tentu bisa jadi diskusi sebaiknya ini dilakukan di vokasi,” kicau @TsamaraDKI melalui akun Twitternya, Senin (18/3/2019).

Dalam debat antar cawapres Minggu (17/3/2019) malam, Sandiaga Uno menjanjikan akan meluncurkan Rumah Siap Kerja. Sebuah one stop services yang memfasilitasi tenaga kerja untuk meningkatkan keterampilan atau keahlian (skill). Melalui program ini, diyakini akan link and match dengan apa yang dibutuhkan oleh lapangan kerja.

“Indonesia negara yang kaya raya, SDA-nya melimpah, SDM-nya pintar-pintar dan rajin-rajin. Saya bertemu SDM di pelosok Indonesia, mereka pancarkan wajah optimis. Oleh karena itu, kami akan launching Rumah Siap Kerja, one stop services meningkatkan keterampilan mereka agar link and match dengan apa yang dibutuhkan lapangan kerja,” ucapnya dalam Debat Wapres di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/3/2019).

Menurutnya, Rumah Siap Kerja bisa menjadi jawaban masih mendominasinya angka pengangguran saat ini. Apalagi sektar 61 persennya merupakan lulusan SMK atau angkatan muda. “Mereka masuk SMK karena ingin cepat dapat kerja, tapi ternyata susah dapat kerja,” jelasnya.

Program link and match ini sudah dijalankan oleh pemerintah hingga kini. Kementerian Perindustrian menargetkan sebanyak 2.600 Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan 750 industri yang akan terlibat dalam program pendidikan vokasi link and match pada tahun 2019.

Namun, hingga tahap kesepuluh peluncuran program ini, jumlah yang terlibat telah melampaui target dengan mencapai 2.612 SMK dan 899 industri.

“Untuk itu, kami memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh pihak SMK dan industri yang sangat antusias ikut serta dalam program strategis ini,” kata Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto pada Peluncuran Pendidikan Vokasi Link and Match SMK dengan Industri Wilayah Jawa Barat Tahap ke-2 di PT. Anugerah Indofood Barokah Makmur, Sukabumi, hari ini. []

Categories: Zona Berita

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s