Zona Berita

Jokowi Perlihatkan ”Kartu Sakti” untuk Bangun SDM Indonesia

ZONADAMAI.COM – Calon presiden nomor urut 01, Joko Widodo, mengatakan periode kedua masa kepemimpinan akan difokuskan untuk membangun Sumber Daya Manusia (SDM).

“Persaingan ke depan semakin berat persaingan antarnegara kalau tak kita siapkan, lima tahun ini kita konsen infrastruktur, tetapi lima tahun ke depan kita akan konsentrasi pada pembangunan SDM,” kata Jokowi, saat berbicara di acara Deklarasi Dukungan Pemuda Pancasila DKI Jakarta di Istora Senayan, Minggu (3/3/2019).

Di hadapan ribuan simpatisan, mantan gubernur DKI Jakarta itu memperlihatkan tiga kartu ‘sakti’ yang akan diberikan kepada masyarakat apabila terpilih memimpin Indonesia periode 2019-2024.

Tiga kartu tersebut, yaitu Kartu Indonesia Pintar (KIP) hingga jenjang kuliah, Kartu Pra-Kerja, dan Kartu Sembako Murah.

“Ini ada KIP kuliah. Ini sekarang kami sudah ada KIP untuk SD, SMP, SMA, SMK stop. Sekarang akan kita keluarkan KIP untuk kuliah. Baru kita hitung berapa kita isi beasiswa, yang pasti jutaan tak mungkin ratusan ribu, sehingga nanti kita dari keluarga kurang mampu bisa meneruskan kuliah,” kata dia sambil memperlihatkan kartu itu dengan cara mengibas-ibaskan.

Dia menjelaskan, upaya dikeluarkan KIP hingga jenjang kuliah itu supaya anak-anak Indonesia dapat menempuh pendidikan hingga jenjang perguruan tinggi.

Di kesempatan itu, dia mengenang, sewaktu masih kecil merasakan kesulitan untuk dapat bersekolah. Jokowi mengaku dibesarkan dari keluarga tidak mampu.

“Tetapi, Alhamdulilah kemudian bisa saya terima sehingga saya bisa sekolah kemudian kuliah sehingga saya tidak mau ada anak Indonesia yang tidak bisa kuliah gara-gara masalah biaya,” kata dia.

Untuk memajukan negara ini, dia menegaskan, pihaknya mengininkan SDM premium. Nantinya, SDM premium itu akan banyak anak bisa mendapatkan beasiswa S1, S2, S3 baik di dalam negeri maupun luar negeri.

Untuk kartu kedua, kata dia, dikeluarkan kartu prakerja. Menurut dia, kartu itu diperuntukkan kepada lulusan sekolah ataupun perguruan tinggi.

“Nanti yang sudah lulus SMA, SMK, Akademi, Universitas akan kita training pakai kartu ini. Setelah ditraining itu diharapkan sudah ada yang bisa menampung bekerja di mana, kalau belum bisa bekerja itu akan diberi gaji atau honor dari kartu ini. Tapi ada batasnya, ini baru kita hitung nanti kalau kira-kira sudah ditraining atau bekerja kartu ini hilang, jangan dibawa terus,” ujarnya.

Sedangkan, terakhir Kartu Sembako Murah.

“Kemudian ketiga akan keluar kartu sembako murah, nanti. Kartu ini diharapkan akan ada diskon kalau beli gula beras telur. Tapi ibu-ibu kaya tak boleh pakai ini, jadi tiga kartu ini diharapkan beri peluang yang sebelumnya tak kami dapatkan jadi bisa kami dapatkan,” tambahnya.

Categories: Zona Berita

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s